Pemerintah Tawarkan Pengelolaan 50 Pelabuhan Ke Swasta

0
130
ilustrasi pelabuhan (radarsampitonline.com)
ilustrasi pelabuhan (radarsampitonline.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Perhubungan akan menawarkan 50 pelabuhan non-komersial ke BUP swasta non-badan usaha milik negara untuk dikerjasamakan. Pelabuhan-pelabuhan itu saat ini masih dikelola unit pelaksana teknis Kementerian ke badan usaha pelabuhan (BUP). “Dalam tiga bulan ke depan mulai kami tawarkan,” kata Adolf R. Tambunan, Direktur Pelabuhan dan Pengerukan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, di kompleks Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Kamis, 12 Februari 2014, sebagaimana dilansir tempo.co.

Menurut Adolf, tawaran kerja sama itu diajukan karena pemerintah tak punya cukup dana untuk mengembangkan 50 pelabuhan tersebut. Sementara itu, pelabuhan-pelabuhan tersebut dinilai sudah layak buat dikembangkan menjadi pelabuhan komersial. “Swasta kami undang investasi kerja sama pemanfaatan. Durasi waktu kerja sama nanti ditentukan dua arah,” kata Adolf.

Sebanyak 50 pelabuhan yang akan ditawarkan ke swasta itu antara lain Pelabuhan Bungkutoko (Kendari), Karongkong (Sulawesi Selatan), Bau-Bau (Sulawesi Tenggara), Anggrek (Gorontalo), dan Calang (Aceh). Sementara berdasarkan data Kementerian, menurut Adolf , ada sekitar 180-an BUP swasta di luar Pelindo I, II, III, dan IV selaku BUP BUMN. Salah satunya PT Pelabuhan Samudra Palaran.

Sementara itu, PT Samudra Indonesia selaku induk Pelabuhan Samudra Palaran meminta kepastian komitmen pemerintah dalam menawarkan 50 pelabuhan non-komersial ke swasta itu. Salah satu bentuk komitmen itu adalah kesiapan pemerintah untuk menyediakan akses jalan ke pelabuhan yang memadai. “Kami bangun pelabuhan dengan skema kerja sama pemerintah swasta. Pelabuhan jadi, akses jalan yang nggak jadi. Itu yang kami alami,” kata Komisaris Utusan PT Samudra Indonesia, Bani M. Mulia, saat dihubungi.

Ihwal tawaran Kementerian itu, Bani mengatakan Samudra Indonesia masih melihat-lihat kelayakan bisnis 50 pelabuhan non-komersial tersebut. Namun, saat ini Samudra Indonesia sudah berencana membangun pelabuhan lagi di Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. “Akan kami umumkan satu per satu,” kata Bani.

Saat ini terdapat 1.241 pelabuhan di seluruh Indonesia. Sebanyak 112 pelabuhan dikelola Pelindo. Sisanya, masih dikelola unit pelaksana teknis Kementerian Perhubungan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY