Pemkab Kendal Diminta Lengkapi Infraustruktur Pelabuhan

0
377
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia. (sumber: Suara Pembaruan)

Kendal – (suaracargo.com)

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kendal diminta untuk melengkapi segala kekurangan fasilitas yang ada selama molornya waktu peresmian Pelabuhan Kendal atau yang dikenal dengan Tanjung Kendal. Hal itu diungkapkan Plt Bupati Kendal, Bambang Dwiyono, beberapa waktu yang lalu.

Menurut Bambang, beberapa kelengkapan yang harus dipenuhi seperti kelengkapan administrasi dan sarana maupun prasarana. “Molornya peresmian pelabuhan Kendal harus dimanfaatkan dengan baik untuk penyempurnaan adminstrasi, jangan sampai setelah diresmikan malah mandek di tengah jalan,” katanya, seperti dilansir fajar.co.id.

Menurut dirinya, selain pihak Tanjung Kendal, pihak Dishub Kabupaten Kendal pun harus berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten lainnya. Salah satu yang harus diperhatikan, yakni terkait operasional dari kapal jurusan Kumai dan beberapa jurusan dari daerah lainnya. “Secara keseluruhan Tanjung Kendal belum siap 100 persen. Perlengkapan tiketing, polairud juga harus segera disiapkan. Jadwal keberangkatan kapal dan kedatangan pun harus diperhatikan juga, dan yang terpenting adalah kelengkapan administrasi antar pelabuhan,” ujarnya.

Dikatakan, dirinya mengakui bahwa saat ini masih menunggu pembenahan dari berbagai aspek yang ada. Salah satu fasilitas yang dibenahi adalah sarana tranportasi menuju ataupun dari pelabuhan, hingga akses jalan yang belum rampung seluruhnya. “Intinya jangan dipaksakan untuk segera dilaksanakan, kalau targetnya belum tahu kapan. Nanti, kalau semuanya siap 100 persen, baru akan dilaunching dan diumumkan ke publik,” pungkasnya.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Subarso, mengklaim, jika semua sarana yang diperlukan untuk operasional Tanjung Kendal telah rampung. Sarana-sarana tersebut seperti akses jalan, dermaga, bangunan, Breakwater. Selain itu, pembebasan lahan juga telah dilakukan dan siap dioperasionalkan. “Semuanya telah rampung untuk pelabuhan penyebrangan, nanti kalau sudah beroperasi bahkan ada angkutan umum dari dan menuju pelabuhan,” ungkapnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here