Pemkot Pangkalpinang dan Pelindo Bahas MoU Pelabuhan Sri Bintanpura

0
309
ilustrasi pelabuhan (koran-sindo.com)
ilustrasi pelabuhan (koran-sindo.com)

Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo), sedang melakukan pembahasan terkait Memorandum Of Understanding (MoU) dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Salah satu poin pembahasannya adalah terkait tarif pass masuk ke Pelabuhan Sri Bintanpura (SBP) Kota Tanjungpinang. Kepala Dishub Kominfo Tanjungpinang, Wan Syamsi, mengatakan bahwa pembahasan sampai saat ini sudah hampir final. Rencananya, tarif pass masuk pelabuhan SBP tersebut akan disesuaikan.

“Paling banyak tarif penyesuaiannya Rp 1.000 per orang untuk pass masuk penumpang di pelabuhan domestik. Jadi nanti pas masuknya sekitar Rp 6.000 per orang. Saat ini kan Rp 5.000,” katanya, Selasa (18/8/2015).

Meskipun ada rencana kenaikan tarif untuk pass masuk penumpang, namun Dishub tetap berusaha agar tarif pass untuk penjemput dan pengantar tidak naik. Karena menurutnya hal tersebut menyangkut keperluan orang banyak.

“Saat ini, tarif pass masuk ke pelabuhan untuk penjemput dan pengantar Rp 3.000. Kita sudah meminta itu (pass penjemput dan pengantar) gak usah dinaikkan,” katanya, sebagaimana dilansir tribunnews.com.

Dia juga menjelaskan, secara keseluruhan MoU tersebut membahas mengenai beberapa perjanjian baru. Perjanjian-perjanjian yang dicantumkan tersebut antara lain dana perimbangan dan hak dan kewajiban masing-masing pihak.

“Kita targetkan satu minggu ini pembahasan selesai. Dan selanjutnya MoU bisa ditandatangani,” katanya. Selain pass pelabuhan domestik, pass pelabuhan internasional juga akan ada penyesuaian tarif. Namun dia memastikan tarif tersebut tidak lebih tinggi dari Kota Batam.

“Kalau di Batam misalnya pass masuknya Rp 60.000, kita masih di bawah itulah. Nanti sebelum kita berlakukan tetap akan kita lakukan sosialisasi lebih dulu,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here