Pemkot Siap Dukung Pengembangan Pelabuhan Cirebon

0
406
Kapal patroli yang tengah bersandar di pelabuhan Cirebon (id.wikipedia.org)
Kapal patroli yang tengah bersandar di pelabuhan Cirebon (id.wikipedia.org)

Cirebon – (suaracargo.com)

Pemkot Cirebon mendukung penuh pengembangan Pelabuhan Cirebon menjadi pelabuhan internasional. Pasalnya, berkembangnya pelabuhan itu akan memberi dampak positif yang besar bagi pertumbuhan Kota Cirebon.

“Pemkot akan all out membantu dan mendukung pengembangan Pelabuhan Cirebon menjadi pelabuhan internasional,” tegas Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, dalam jumpa pers di Balaikota Cirebon, Senin (8/6).

Dalam kesempatan itu, Azis didampingi General Manager PT Pelindo II Cirebon Hudadi Soerja Djanegara, Sekda Kota Cirebon Asep Dedi, dan pengguna jasa pelabuhan yang juga Ketua Indonesia National Shipowners Association (INSA) Cirebon, Agus Purwanto. Azis mengakui bahwa memang ada ekses negatif yang akan menyertai pengembangan pelabuhan tersebut. Namun, dia tetap yakin manfaat pelabuhan itu akan lebih besar.

Selain itu, Azis juga menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sejumlah kajian untuk mengantisipasi perkembangan Kota Cirebon, termasuk infrastuktur. Tak hanya dari segi pengembangan pelabuhan, perkembangan Kota Cirebon kedepan juga akan banyak dipengaruhi oleh beroperasinya tol Cikapali dan bandara internasional di Majalengka.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo II Cirebon, Hudadi Soerja Djanegara, menjelaskan, pihaknya akan mengantisipasi kepadatan lalu lintas di dalam kota akibat pengembangan pelabuhan. Rencananya, akan dibuat jalan baru yang menjadi akses langsung keluar masuk kendaraan dari pelabuhan ke pintu masuk tol kanci. “Jalan itu akan menyusuri tepi laut,” terang Hudadi, sebagaimana dilansir republika.co.id.

Hudadi menambahkan, untuk pengembangan tahap pertama, berupa penambahan dermaga baru seluas sekitar 50 hektare. ”Tahun ini mulai pemasangan tiang pancang. Targetnya akan selesai dalam waktu dua tahun mendatang,” terang Hudadi. Hudadi juga menjelaskan, Pelabuhan Cirebon telah berdiri sejak 1860. Namun, hingga kini hampir tak ada perubahan secara signifikan. Pengembangan pelabuhan Cirebon, kata Hubaidi, akan menjanjikan banyak hal. Di antaranya dalam bidang ekonomi dan pariwisata.

Ketua Indonesia National Shipowners Association (INSA) Cirebon, Agus Purwanto, mengaku sangat mengapresiasi pengembangan Pelabuhan Cirebon. Apalagi, selama ini pelabuhan tersebut tak bisa menjadi tempat bersandar bagi kapal-kapal besar. “Kami sangat berharap pengembangan pelabuhan secepatnya terealisasi,” tandas Agus.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here