Pemkot Tegal Sambut Baik Langkah Awal Pelindo III Kembangkan Pelabuhan Tegal

0
476

Tegal – (suaracargo.com)

Pemerintah Kota Tegal menyambut baik langkah awal Pelindo III untuk mengembangkan Pelabuhan Tegal dengan melakukan pengerukan alur pintu dan perluasan akses jalan masuk ke pelabuhan.
“Pengembangan Pelabuhan Tegal akan memberikan dampak positif bagi Kota Tegal karena akan meningkatkan perekonomian Kota Tegal serta meningkatakan pendapatan asli daerah,” kata Masitha dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Kamis (1/6/2017).

Menurutnya, rencana pengembangan pelabuhan akan diintegrasikan dengan rencana pengembangan kawasan wisata pantai serta pemukiman di sekitar pelabuhan. Kajian tersebut telah disampaikan langsung Wali Kota kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B Panjaitan, di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Menteri Luhut sangat setuju jika ada integrasi pengembangan. Sehingga, harapannya ada tindak lanjut dari Pelindo III terkait kajian yang yang telah dibuat Pemkot Tegal,” tutur dia.
Masitha juga meminta Pelindo III agar rencana pengembangan pelabuhan yang akan dilakukan untuk disosialisasikan terlebih dahulu kepada nelayan dan masyarakat setempat.

Sementara, General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang, Agus Hermawan, mengatakan bahwa apa yang menjadi rencana Pelindo III dalam mengembangkan Pelabuhan Tegal adalah sesuai dengan visi misi perusahaan dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat ini kami akan fokus mengembangkan dua pelabuhan di wilayah pantura Jawa tengah, yakni Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tegal,” beber dia.
Untuk pelabuhaP Tanjung Emas Semarang, kata dia, saat ini sudah 300 hektare lahan yang ada. Nantinya, akan ditambah atau dikembangkan lagi hingga 20 hektare.

Sedangkan Pelabuhan Tegal, dari 20 hektare yang tersedia saat ini, tahap pertama baru akan dikembangkan seluas hingga 11 hektare terlebih dahulu sesuai kebutuhan pasar.

Langkah pertama yang akan dilakukan dengan melakukan pengerukan alur pintu masuk pelabuhan. Saat ini kedalaman 1,5 sampai 2 meter, untuk tahap pertama akan dikeruk menjadi 3,5 sampai 5 meter.
“Dengan seperti itu kapal-kapal niaga semisal kapal batubara maupun kapal pengangkut batu kecil dapat masuk ke Pelabuhan Tegal. Tidak menutup kemungkinan pengerukan juga akan dilakukan hingga kedalaman sampai 10 meter sesuai kebutuhan,” ungkap Agus.

Pihaknya juga akan melakukan pelebaran akses jalan menjadi 18 meter yang awalnya seluas 7-8 meter. Pihaknya berharap Pemkot Tegal dan Pelindo III dapat bersinergi dengan saling membantu dan mendukung terhadap rencana pengembangan pelabuhan perikanan menjadi pelabuhan niaga Kota Tegal.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here