Pemprov Babel Butuh Dana Ratusan Milyar Untuk Bangun Pelabuhan Baru

0
266

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) membutuhkan suntikan dana hingga ratusan miliar untuk membangun pelabuhan baru sebagai tempat bongkar muat barang.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung. Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, kondisi pelabuhan terbesar di Babel, yaitu Pelabuhan Pangkabalam sudah tidak optimal untuk digunakan sebagai bongkar muat dan penumpang. Seharusnya menurut Erzaldi, Pelabuhan penumpang dipisahkan dari pelabuhan bongkar muat barang agar tidak terganggu.

“Dari sisi kebersihan, sudah tidak layak, jelas kalau pelabuhan bongkar muat ini, banyak debu, ini yang mengganggu, dan sudah selayaknya kita pisahkan,” kata Erzaldi dikutip dari Antara, Minggu 24 September 2017.

Namun pemisahaan ini, menurutnya tidak serta merta langsung begitu saja, setidaknya di butuhkan waktu tiga tahun untuk mempersiapkan pelabuhan baru sebagai pelabuhan bongkar muat.

“Pelabuhan Pangkalbalam khusus untuk penumpang, nah untuk bongkar muat kita pindahkan, tapi pelabuhan baru harus di siapkan paling lama tiga tahun. Rencananya pelabuhan bongkar muat akan kita bangun di daerah Tanjung Gunung Bangka Tengah,” ungkap dia, seperti dilansir metrotvnews.com.

Sementara, Kepala dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, Sarjulianto mengatakan, bangun pelabuhan itu mahal sebab kontruksi bawah air, setidaknya di butuhkan biaya hingga ratusan miliar.

“Bangun pelabuhan ini sama mahalnya dengan bangun bandara, setidaknya harus ratusan miliar, kan kontruksinya bawah air,” kata Sarjulianto.

Di tahun pertama ini, dia utarakan, pembangunan itu baru dalam tahap studi. Sedangkan di tahun kedua sekitar 2018, pembangunan sudah masuk rencana induk pelabuhan dan terakhir, di tahun ketiga, barulah detailnya.

“Luas pelabuhan bongkar muat kita nanti panjangnya mencapai 100 meter, tahun pertama ini baru tahap studi,” pungkasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here