Pemprov Jabar Siap Antisipasi Pembatalan Pelabuhan Cilamaya

0
323
ilustrasi pelabuhan (republika.co.id)
ilustrasi pelabuhan (republika.co.id)

Bandung – (suaracargo.com)

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengambil inisiatif untuk menentukan lokasi pengganti Pelabuhan Cilamaya, Karawang. Inisiatif itu diambil setelah pemerintah resmi membatalkan Pelabuhan Cilamaya dari posisi saat ini.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, pembatalan Pelabuhan Cilamaya, Karawang, yang diputuskan oleh pemerintah, mau tidak mau tetap harus diterima. Meskipun masih mempertanyakan alasan pipa Pertamina yang menjadi dasar pembatalan, Pemprov siap mengakomodasi perubahan.

Menurutnya, pergeseran ke arah Timur Karawang kemungkinan akan mengambil posisi di Subang atau Indramayu. Gubernur mengaku tarik ulur proyek tersebut sudah terjadi saat dirinya baru menjabat sebagai Gubernur pada 2008 lalu. “Harapan saya jika ini bergeser pembangunannya harus lebih cepat. Kami akan mengambil inisiatif,” katanya di Bandung, Senin (6/4).

Inisiatif ini adalah menentukan lokasi pengganti Cilamaya dengan menunjuk kawasan perbatasan Subang-Karawang. Penentuan Subang karena masih berada di satu jalur lintasan kawasan industri yang ada di Karawang dan Bekasi. “Kawasan timur itu kira-kira ya Subang. Urusan lokasi na nti akan segera ditentukan,” paparnya.

Meskipun Subang dari segi jarak berdekatan dengan Pelabuhan Cirebon yang juga akan dikembangkan oleh Pelindo II, paparnya, pihaknya menilai tidak akan menjadi masalah. “Subang masih relevan untuk mengcover transportasi ekspor dan impor dari kawasan industri. Pokoknya pelabuhan penggantinya masih ada di Jabar. Kami akan lebih mempelopori pemindahan tersebut,” ujarnya, seperti dilansir bisnis.com

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here