Pemprov Kalimantan Tengah Akan Buka Jalur Alternatif Pengiriman Barang dari Lamongan ke Pelabuhan Bahaur

0
44

Palangkaraya – (suaracargo.com)

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berencana membuka jalur alternatif pengiriman barang dari Lamongan (Jatim) melalui kapal laut langsung ke Pelabuhan Bahaur (Pulangpisau) Kalteng.

Tujuannya mengurangi pengiriman barang dari jalur lama Subaraya- Banjarmasin- Palangkaraya, ditanggapi positif warga Kalteng yang selama ini memasok barang dari Surabaya- Banjarmasin- Palangkaraya.

Beberapa warga di Palangkaraya, mengatakan, rencana tersebut dinilai baik sekali. Selama ini, harga barang terutama sembako di Palangkaraya cukup tinggi karena jalur pengiriman barang yang terlalu jauh.

“Tentu kami berharap, dengan adanya jalur alternatif tersebut, diharapkan pasokan barang dan sembako akan lebih ringan harganya, karen jalurnya dipangkas,” ujar Rahmi, seorang konsumen di Palangkaraya, Selasa (3/4/2018).

Para pedagang di Pasar Besar Palangkaraya berharap agar dengan adanya jalur alternatif tersebut bisa mengurangi harga, dan jangan adalagi broker yang bermain menaikkan harga.

“Selain jalur distribusi yang terlalu jauh, masalah permainan broker dalam perdagangan juga harus diantisipasi, karena selama ini untuk bahan makanan tinggi di pasar juga akibat permainan broker,”ujar H Adi, salah seorang pedagang di Palangkaraya, seperti dilansir banjarmasinpost.co.id

Selain, Pelabuhan Bahaur, Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai Pangkalanbun merupakan salah satu pelabuhan yang ada di Kalteng yang jadi jalur alternatif selain lewat Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalsel.

Penulis: Fathurahman
Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here