Pemprov Sulawesi Barat akan Bangun Dermaga III di Pelabuhan Belang Belang, Mamuju

0
669
Pelabuhan Belang Belang, Mamuju, Sulawesi Barat (seputarsulawesi.com)
Pelabuhan Belang Belang, Mamuju, Sulawesi Barat (seputarsulawesi.com)[cslider_widget id=”SHORT_CODER_ID” category_ids=”ARRAY_CATEGORY_ID”]

Mamuju – (suaracargo.com)

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun dermaga III di Pelabuhan Belang Belang Kabupaten Mamuju. Pembangunan dermaga itu ditargetkan selesai pada tahun 2016 mendatang.

Kepala Bidang Laut Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi Provinsi Sulbar, Nicolas Terano mengatakan, dermaga III yang sudah dibangun sejak tahun 2014 di pelabuhan Belang Belang Mamuju akan rampung pengerjaannya pada 2016. “Pelabuhan Belang Belang Mamuju saat ini memiliki dua dermaga dengan kapasitas 1000 ton. Selain itu memiliki 2 gudang penampungan barang dengan luas lahan 5 hektare,” katanya di Mamuju, Rabu (25/2/2015).

Menurut Nicolas, pelabuhan Belang Belang Mamuju telah menjadi pelabuhan bongkar muat barang potensial di daerah ini. Pembangunan pelabuhan itu penting untuk memaksimalkan perdagangan di jalur laut dan memaksimalkan pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah kembali akan membangun dermaga III yang akan disiapkan untuk pembangunan pelabuhan peti kemas menggunakan anggaran APBN. “Dermaga ketiga akan mampu menampung sumber daya alam Sulbar yang akan diperdagangkan keluar daerah. Dengan pembangunan infrastruktur tersebut maka daerah ini akan semakin maju ekonominya,” katanya, sebagaimana dilansir bisnis.com.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah membutuhkan anggaran Rp126 miliar melalui APBN untuk membangun dan merampungkan dermaga tersebut dapat difungsikan. Ia mengatakan, Pelabuhan Belang Belang sangat strategis karena berhadapan dengan selat Makassar dan berada di tengah pulau Sulawesi. Kondisi ini menyebabkan pelabuhan tersebut dapat dijadikan pintu masuk perdagangan barang di kawasan Indonesia Timur sehingga perlu terus dikembangkan.

Pelabuhan tersebut kini beroperasi kapal PT Pelni KM Binayya, melayani rute transportasi laut dari Semarang-Sampit-Surabaya-Batulicin-Barru kemudian Belang Belang-Barru-Batulicin-Surabaya- Sampit-Semarang, setelah terus dibangun pemerintah.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY