Pemudik di Pelabuhan Penyeberangan Penjajap Didominasi Kendraan Roda Dua

0
83
Sejumlah kapal motor dan kapal bandong bersandar di dermaga rakyat di belakang Pasar Kapuas Indah, Jalan Kapten Marsan, Pontianak, Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu. Pemerintah Kota Pontianak meminta kepada sejumlah penyedia layanan arus mudik dapat tetap menjaga standar keselamatan bagi pemudik. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Pelabuhan Penyeberangan Penjajap Didominasi Kendaraan Roda Dua, http://pontianak.tribunnews.com/2018/05/27/pelabuhan-penyeberangan-penjajap-didominasi-kendaraan-roda-dua. Penulis: Tito Ramadhani Editor: listya sekar siwi

Sambas – (suaracargo.com)

Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Aditya Octorio Putra mengungkapkan situasi kendaraan dan penumpang jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, di wilayah hukum Polsek Pemangkat, tepatnya di pelabuhan penyeberangan Penjajap, Kecamatan Pemangkat, Sabtu (26/5/2018).

“Terpantau masih didominasi kendaraan roda dua. Volume kendaraan roda dua yang menyeberang menuju ke pelabuhan penyeberangan Sungai Betang, Kecamatan Jawai masih terpantau normal. Berkisar sekitar 90 sampai 100 unit kendaraan, sejak pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB, dan di dominasi kendaraan roda dua,” ungkapnya, Sabtu (26/5/2018) malam.

Jumlah kendaraan yang melintas di penyeberangan ini, ada sebanyak 15 unit perahu motor air, sekitar 90 sampai dengan 100 unit kendaraan roda dua.

“Sedangkan untuk jumlah penumpang ada sekitar 120 orang penumpang,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, di wilayah hukum Polsek Teluk Keramat, tepatnya di dermaga penyeberangan Teluk Kalong, Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, juga terpantau masih normal pada Sabtu (26/5/2018).

Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Aditya Octorio Putra menjelaskan, satu di antara petugas penyeberangan, Beni menyampaikan kepada pihaknya, bahwa tersedia armada satu unit kapal feri penyeberangan, kapal motor dan perahu tempel di kawasan dermaga tersebut.

“Volume kendaraaan dam penumpang terpantau masih normal pada pukul 10.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB, hanya didominasi kendaraan roda dua,” jelas Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Aditya Octorio Putra, Sabtu (26/5/2018) malam.

Jumlah kendaraan yang melintas di penyeberangan terpantau sekitar 169 unit kendaraan, yakni terdiri dari sebanyak sekitar 124 unit kendaraan roda dua, sekitar 27 unit kendaraan roda empat, serta sekitar 18 unit kendaraan roda enam.

“Estimasi jumlah penumpang yang menggunakan berbagai armada penyeberangan tersebut terpantau sebanyak sekitar 240 penumpang,” ujar Mulyadi, satu di antara penambang kapal motor, seperti dilansir tribunpontianak.co.id.

Sebelumnya diberitakan, di wilayah hukum Polsek Sambas, tepatnya di kawasan penyeberangan Dermaga Pasar Sayur Sambas, Sabtu (26/5/2018). Armada yang tersedia berjenis kapal bangkong dan perahu motor air.

“Volume kendaraan masih terpantau normal dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.30, yang didominasi penumpang perorangan,” terang AKP Aditya Octorio Putra.

Selanjutnya untuk jumlah kendaraan yang melintas di dermaga. Ada sebanyak 30 unit perahu motor air yang tersedia, namun baru 12 unit yang beroperasi. Kapal Bangkong ada sebanyak 5 unit.

“Sedangkan jumlah penumpang yang ada di dermaga penumpang, sekitar 300 orang,” jelasnya.

Sebelumnya, telah diberitakan oleh media bahwa di terminal Sambas terpantau ada terdapat kendaraan roda empat, roda enam dan mobil box.

“Volume kendaraan terpantau masih normal. Pukul 10.00 sampai dengan 11.30 WIB, di dominasi kendaraan roda empat, roda enam dan mobil box,” papar Kasat Lantas Polres Sambas, Sabtu (26/5/2018) malam.

Jumlah kendaraan yang melintas di terminal Sambas, Bus jurusan Sambas-Singkawang sebanyak 22 unit bus. Kemudian bus jurusan Pontianak-Sambas sejumlah 3 unit bus. Serta asa sebanyak 20 unit mobil box.

“Jumlah kendaraan yang ada di terminal Sambas, baik kendaraan roda empat mau pun roda enam dan mobil box ada sekitar 35 unit. Sedangkan estimasi penumpang ada sekitar 80 orang,” jelasnya.

Polres Sambas bersama tribunsambas.co.id akan menyediakan berbagai informasi seputar mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Utamanya informasi terkait angkutan dan mobilisasi pemudik dari berbagai kabupaten/ kota yang masuk ke wilayah Kabupaten Sambas.

Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Aditya Octorio Putra menyampaikan sejumlah laporan kondisi mobilisasi kendaraan di berbagai titik, di antaranya di dermaga penyeberangan dan terminal angkutan yang ada di wilayah hukum polsek jajaran Polres Sambas.

“Situasi arus kendaraan pemudik pada Sabtu (26/5/2018) belum terlihat begitu signifikan. Kondisinya masih dalam keadaan aman dan lancar,” ungkapnya, Sabtu (26/5/2018) malam.

Di wilayah hukum Polsek Tebas, tepatnya di penyeberangan Dermaga Tebas Kuala.

Terdapat dua jenis angkutan penyeberangan yang dapat digunakan warga masyarakat, yakni kapal feri penyeberangan dan perahu motor air.

“Situasi yang terjadi, volume kendaraan masih normal. Pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.30 WIB di dominasi kendaraan roda dua,” jelasnya.

Jumlah kendaraan yang melintas di penyeberangan Dermaga Tebas Kuala, yang menggunakan kapal feri penyeberangan sebanyak sekitar 23 kendaraan roda dua, 12 kendaraan roda empat dam 7 kendaraan roda enam.

Sedangkan kendaraan penyeberangan perahu motor air yang tersedia sebanyak 61 perahu, namun yang beroperasi sebanyak 57 perahu.

Ada sebanyak 83 kendaraan roda dua dan sekitar 120 penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan perahu motor air.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: listya sekar siwi

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here