Pengembangan Pelabuhan Bira Perlu Perhatian

0
475
loket pelabuhan Bira (merdeka.com)
loket pelabuhan Bira (merdeka.com)

Bulukumba – (suaracargo.com)

Pembangunan Pelabuhan Bira yang terletak di Sulawesi Selatan jauh dari kata mengesankan. Padahal, pelabuhan ini memegang peranan penting perekonomian masyarakat setempat. Sebagian masyarakat masih mengandalkan pelabuhan ini sebagai alternatif penyeberangan dan pengiriman barang akibat minimnya transportasi lain di sana. Namun, kondisi Pelabuhan Bira saat ini mengenaskan. Sejumlah fasilitas penunjang dan infrastruktur masih sangat terbatas.

“Pelabuhan Bira ini seperti rumah tidak bertuan. Milik pemerintah tapi minim fasilitas. Meski kami (ASPD) hanya sebagai operator, namun, keselamatan hingga pelayanan publik tidak ada pemeliharaan,” ujar Penjaga Loket Pelabuhan Bira, Saparudin kepada merdeka.com, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/3).

Menurut dia, kondisi fasilitas seperti Mandi Cuci Kakus (MCK) sangat memprihatinkan. Meskipun masih ada, namun sangat minim perawatan. Demikian juga area pelabuhan, jalan di sana perlu pengaspalan karena parahnya kerusakan. “Loket pelabuhan saja bentuknya seperti ini. Belum lagi navigasi bersandar perkapalan juga tidak ada, jadi kalau malam ini tidak ada lampu kapal yang menyala. Sehingga yang terjadi mengabaikan faktor keselamatan juga,” jelas dia.

Pelabuhan Bira sebenarnya berada pada lokasi yang strategis, yakni di pusat ekonomi bisnis, akses transportasi dan aktivitas pariwisata. Pada acara tertentu seperti Festival Selayar yang dihelat tiap tahun, pelabuhan ini menjadi pintu masuk menuju lokasi acara. Sempitnya area disertai peningkatan rute penyeberangan membuat pelabuhan ini semakin tak beraturan.

Warga berharap ada perhatian lebih pada kondisi pelabuhan itu. Apalagi, ketika air surut, hanya satu dermaga yang bisa disandari sehingga antrean kapal sangat panjang dan lama.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here