Pengiriman Barang PT KAI Tumbuh Pesat

0
53
ilustrasi kereta barang (inilah.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Bisnis layanan kereta barang milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) tumbuh signifikan. Capaian saat ini, kinerja kereta barang sama baiknya dengan kereta penumpang. Ini menandakan minat masyarakat atau perusahaan mengirim barang menggunakan layanan kereta api semakin besar.

“Penumpang sama barang hampir sama (kontribusinya), jadi kalau sekarang 100% pendapatan, 10% dari aset dan lain-lain, 90% kan dari penumpang dan barang itu masing-masing 45:45,” ungkap Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Sudirman, Jakarta, Kamis (19/10).

Dia memprediksi kontribusi kereta barang bagi pendapatan perusahaan di tahun mendatang justru akan menyalip kereta penumpang. KAI pun sudah menyiapkan skema termasuk memesan gerbong kereta barang baru ke PT Industri Kereta Api (Persero) yang memiliki basis produksi di Madiun, Jawa Timur.

“Tapi strategi ke depan pertumbuhan penumpang 10% satu tahun. Untuk barang itu (targetnya) di atas 20%. Jadi ke depan pertumbuhan barang yang akan kita dorong,” sebutnya.
Sekadar informasi, sepanjang semester I tahun 2017, total aset KAI mencapai Rp 27,2 triliun. KAI juga telah mencatatkan pertumbuhan total aset sebesar 8,34%, pertumbuhan total liabilitas sebesar 9,63% dan pertumbuhan total ekuitas sebesar 6,31%.

Jika dibandingkan dengan periode 30 Juni 2016, KAI mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 15,76% dan pertumbuhan laba bersih hingga 47,73%.

Ada beberapa proyek yang saat ini sedang ditangani oleh KAI yaitu pembangunan KA Bandara Soekarno-Hatta melalui Perpres No. 83 Tahun 2011, dengan target pengoperasian di akhir November 2017. Dengan beroperasinya Kereta Bandara Soekarno-Hatta, KAI menargetkan pendapatan sebesar Rp 122 miliar dan meningkat menjadi Rp 557 miliar di tahun 2019.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY