Pengusahan Pelayaran Desak Pemerintah Realisasikan SSS

0
348
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pelaku usaha pelayaran niaga yang tergabung dalam Indonesian National Shipowners Association (INSA), mendesak pemerintah agar segera merealisasikan pelayaran jarak pendek atau short sea shipping untuk mengurangi biaya logistik akibat tingginya beban di jalan raya.

Wakil Ketua Umum INSA, Lolok Sudjatmiko, mengatakan bahwa pelabuhan untuk jarak pendek tersebut diperlukan agar truk pengangkut barang bisa langsung masuk kapal tanpa perlu membayar tarif pelabuhan.

“Kalau pemerintah serius menurunkan biaya logistik, pelayaran jarak pendek jenis Ro-Ro harus secepatnya direalisasikan, dengan cara menetapkan pelabuhan khusus,” ujarnya, dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, dia mengatakan, short sea shipping adalah cara paling tepat untuk memangkas biaya logistik yang tinggi. Pemerintah hanya perlu menetapkan dan membenahi infrastrukturnya.

“Ini bisa jalan jika pemerintah segera menetapkan pelabuhan khusus dan tentu saja infrastrukturnya juga harus dibenahi. Dari pada fokus pada pelabuhan besar, itu prosesnya lama dan mengantre. Belum ditambah macetnya,” terang Lolok, sebagaimana dilansir sindonews.com.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Bobby R Mamahit mengatakan, pemerintah telah mengakomodir aspirasi kalangan pengusaha terutama INSA. Aspirasi itu diakomodir pemerintah dengan menetapkan enam pelabuhan khusus, antara lain Marunda Center (Jakarta), Sunur dan Panjang (Lampung), Kendal-Semarang (Jawa Tengah) serta Paciran (Jawa Timur).

“Pelabuhan-pelabuhan itu khusus kami siapkan di mana lokasinya strategis. Tapi, bila saja ada usulan yang lebih baik, akan kami pertimbangkan,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here