Perbaikan Jalan Yos Sudarso di Balikpapan Perlu Anggaran 3 M

0
129

Balikpapan – (suaracargo.com)

Perbaikan jalan ambles di kawasan Jl Yos Sudarso, tepatnya di kawasan Pelabuhan Semayang diperkirakan menelan anggaran sekira Rp 3 miliar.

Hal ini diakui Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Tara Allorante, ia menuturkan anggaran tersebut, diusulkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2017.

“Kita usulkan di anggaran perubahan untuk pengerjaan itu pakai beton box berbentuk kotak besar. Melihat kondisi jalan yang rusak di depan kantor PT Pelni dan Kantor Polsek Semayang yang diperkirakan jumlahnya 11 box. Untuk satu box anggarannya sekira Rp 300 juta,” kata Tara Allorante.

Jalan rusak berlubang tersebut satu titik berada di depan kantor Polsek Semayang dan satu titik berada di depan kantor PT Pelni Balikpapan. Tara mengaku, rencananya tahun ini akan dilakukan perbaikkan.

“Kami sudah semen tapi tanahnya bolong lagi. Ternyata tanah di lokasi tersebut terus bergerak, karena dibawahnya sudah jadi aliran air,” ujarnya.

Tara mengaku bahwa pihaknya akan membuat gorong-gorong agar kerusakan jalan tidak meluas. Perbaikkannya menggunakan balok box.

Sekadar diketahui, Jl Yos Sudarso berada di depan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semayang.

“Mungkin ada hubungan dengan yang ambles depan Kantor Pelindo Divisi Pelayaran,” kata Ridwan warga sekitar kepada Balikpapan Pos.

Ia menuturkan, amblesnya jalan ini cukup berbahaya karena lalulintas kendaraan di jalan itu cukup padat.

“Banyak kendaraan yang lewat mas. Apalagi motor kalau laju bisa celaka,” terang Ridwan.

Ia berharap segera diperbaiki oleh instansi terkait sehingga tidak terjadi kecelakaan lalulintas (lakalantas) yang dapat menyebabkan korban jiwa.

“Lubangnya lumayan dalam mas sekira 1 meter lebih,” tandasnya.

Badan Jl Yos Sudarso, Kelurahan Prapatan arah Pelabuhan Laut Semayang terdapat sebuah lubang besar sedalam kurang lebih 1,5 meter dengan lebar 50 centimeter, sehingga rawan terjadi lakalantas.

Diduga, lubang ini terbentuk akibat rembesan air saat hujan deras sehingga jalan langsung ambles.

Kondisi tersebut, menyebabkan area depan Kantor Pelindo Divisi Pelayaran Balikpapan terpaksa menggunakan satu jalur dan dengan sistem buka tutup. Bahkan tak jarang sering terjadi kemacetan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY