Perlancar Arus Logistik, Pemerintah Dorong Pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian

0
148
ilustrasi kereta barang (inilah.com)
ilustrasi kereta barang (inilah.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Guna memperlancar arus logistik di luar Pulau Jawa, Pemerintah akan mendorong pembangunan infrastruktur perkeretaapian. Di wilayah Pulau Sumatera, misalnya, pemerintah berencana akan memulainya pada tahun depan.

“Beliau (Presiden Joko Widodo) ingin kereta api Sumatera itu mulai tahun 2015,” kata Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta, seperti dikutip dari laman Kementerian Keuangan, Selasa (25/11/2014), sebagaimana dilansir metrotvnews.com.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan ini lebih bertujuan untuk mengintegrasikan transportasi kereta api di Pulau Sumatera, khususnya untuk angkutan barang.

“Sekarang ini kereta api di Sumatera itu ada, tapi menyebar di mana-mana, ada di Medan, Padang, Lampung, ini inginnya kereta api yang benar-benar menghubungkan Sumatera. Bukan hanya orang yang diangkat, tetapi yang lebih penting adalah barang,” tukasnya.

Selain di Pulau Sumatera, pemerintah juga berencana membangun transportasi perkeretaapian di pulau-pulau lain, termasuk Kalimantan dan Sulawesi. “Jadi kita harus dorong bahwa kereta api itu tidak hanya untuk orang. Itu sebenarnya esensi kereta api, terutama untuk Pulau Sumatera nantinya, (termasuk) Kalimantan dan Sulawesi,” pungkasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY