Perlancar Arus Penyeberangan, ASDP Ambon Pindahkan Pelabuhan Waai ke Hunimua

0
716
Perlancar Penyeberangan, ASDP Ambon Pindahkan Pelabuhan Waai ke Hunimua (industri.bisnis.com)

Ambon – (suaracargo.com)

Guna memperlancar arus penyeberangan dari Pulau Ambon ke Pulau Haruku dan Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon memindahkan aktivitas dari pelabuhan Desa Waai ke pelabuhan Hunimua Desa Liang, Kecamatan Salahutu.

“Perpindahan pelabuhan dari Desa Waai ke Hunimua Desa Liang itu sudah berlangsung sejak 19 Desember sampai sekarang ini,” kata Manager Usaha ASDP Cabang Ambon Burhan Fernatubun, Selasa (22/12/2015).

Dia lalu menjelaskan, pemindahan aktivitas angkutan feri di pelabuhan Waai itu akibat sengketa tanah antara pemilik dengan pemerintah daerah setempat belum selesai, terutama areal-areal parkir di kawasan pelabuhan tersebut. “Akhirnya terjadi pemblokiran jalan pada lintasan masuk ke areal pelabuhan beberapa hari yang lalu, dan untuk mengantisipasi arus mudik menjelang natal dan tahun baru terpaksa ASDP memindahkan pelabuhannya ke Hunimua,” katanya, seperti dilansir bisnis.com.

Tepat pada 19 Desember lalu, aktivitas pelayaran kapal feri pada lintasan pelabuhan Desa Waai menuju pulau Haruku dan Saparua sudah dialihkan ke pelabuhan Hunimua Desa Liang. “Pemindahan pelabuhan feri ini tidak terlalu mengganggu arus lintasan sebab jarak pelayaran dari pelabuhan Waai menuju Kailolo di Pulau Haruku sama saja dengan dari pelabuhan Hunimua ke Kailolo,” ujarnya.

Lintasan ini dilayani oleh dua kapal feri yang setiap hari berlayar, lanjutnya, yakni KMP.Layur dan KMP.Samandar. Dengan demikian, rute yang akan dilayari KMP Layur, yakni dari pelabuhan Hunimua menuju Kailolo- Uneputih- Saparua- Wailei, pulang pergi setiap hari.

Sementara itu, KMP Samandar dari Hunimua-kailolo-Uneputih- langsung ke Amahai (Pulau Seram)pelabuhan ini melayani penumpang dari Kota Masohi, ibukota Kabupaten Maluku Tengah.

Ditanya terkait pemindahan pelabuhan yang dilakukan ASDP dari pelabuhan Waai ke Hunimua apakah ada keluhan dari masyarakat pengguna jasa penyeberangan ini, Burhan mengatakan selama ini belum ada keluhan. Hal itu memang tidak terlalu mencolok perbedaan jaraknya antara pelabuhan Waai- Kailolo dan pelabuhan Hunimua-Kailolo.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here