Persiapan Proyek KA di Papua Sudah Dimulai

0
355
Ilustrasi perbaikan rel kereta (14/7/14) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jakarta – (suaracargo.com)

Proses perencanaan dan persiapan proyek pengembangan jaringan kereta api (KA) di Papua sudah dimulai. Pengerjaan konstruksi fase I, untuk proyek kereta di Papua yang menghubungkan Sorong-Manokwari sepanjang 390 kilometer (km) di Provinsi Papua Barat, ditargetkan bisa dimulai pada tahun 2018.

Rencananya, proyek ini sudah selesai pembangunannya di 2019. Setelah rute Sorong-Manokwari selesai, jalur KA untuk rute Manokwari di Papua Barat dengan Nabire serta Sarmi-Jayapura di Provinsi Papua akan dibangun.

“Tahap awal memang Sorong-Manokwari, baru kemudian dikembangkan lagi. Semua trase ada di dalam rencana induk perkeretaapian,” kata Kepala Sub Bagian Humas dan Kerja Sama Luar Negeri Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Joice Hutajulu, kepada detikFinance, Senin (4/1/2016).

Jalur kereta di Papua nantinya akan menghubungkan kota hingga distrik di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua. Pengembangan ini masuk ke dalam rencana fase II untuk periode 2020-2024. Sedangkan untuk rencana fase III di periode 2025-2030, proyek KA Papua akan menyambungkan Sarmi-Nabire-Timika.

Joice menambahkan, untuk pembiayaan proyek, Kemenhub masih mengkaji apakah proyek 100% bakal dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau membuka peluang masukknya investor.

“Masih dilakukan kajian,” pungkas Joice.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here