Perusahaan Logistik Puninar Terapkan Teknologi Informasi Digital Oracle Transportation Management Cloud

0
224
Ilustrasi Logistik Foto: Ilustrasi/Istimewa

Jakarta – (suaracargo.com)

Perusahaan masa kini harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi agar sukses menjalankan operasional harian mereka, baik itu perusahaan yang bergerak di sektor keuangan, perbankan, dan bahkan perusahaan logistik. Salah satu perusahaan Logistik yang mulai menerapkan transformasi digital adalah Perusahaan Logistik Puninar. Perusahaan itu mulai menerapkan teknologi informasi digital Oracle Transportation Management Cloud, bagian dari Supply Chain Management Cloud suite.

Penerapan teknologi terbaru dari Oracle ini memiliki peran penting bagi Perusahaan Logistik Puninar yang harus memastikan semua pengiriman ke berbagai daerah melalui berbagai jenis transportasi dilakukan dengan cara yang tepat dan juga on-time. Sekaligus mengoptimalkan operasional logistik, mengurangi biaya, dan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggannya.

Perusahaan logistik Puninar yang bermarkas di Jakarta ini sudah beroperasi sejak tahun 1969 dengan jumlah karyawan lebih dari 1500 pegawai di seluruh Indonesia. Solusi teknologi Oracle Transportation Management Cloud, bagian dari Supply Chain Management Cloud suite ini diterapkan untuk proses logistik yang dilakukan menggunakan 700 unit truk, pergudangan indoor seluas 136,000 meter persegi, pergudangan outdoor seluas 700,000 meter persegi, 24 kapal kargo bahan bakar, dan fasilitas Electronic Data Interchange untuk proses beacukai.

Suyanto Tjoeng, Chief Strategic Business Development Officer, Puninar Logistics ketika berdiskusi mengenai solusi terbaru Oracle untuk perusahaan logistik di Hotel Pullman Jakarta (19/04/2016) mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi meningkatkan permintaan layanan logistik. Maka, untuk menghadapi persaingan di sektor logistik yang semakin meningkat Puninar Logistics harus berinovasi dan menerapkan teknologi terbaru untuk menciptakan nilai tambah unik kepada pelanggan.

Sebelumnya, Perusahaan Logistik Puninar tidak mampu mengatur operasional end-to-end antar lini bisnis dengan cepat dan dalam satu solusi tunggal. Sistem yang ada saat itu tidak memiliki banyak kemampuan yang bisa membuat perusahaan tersebut merespon perubahan kebutuhan di pasar dengan cepat dan tepat.

Dengan Oracle Transportation Management Cloud yang merupakan bagian dari Oracle Supply Chain Management Cloud, Puninar Logistics mendapatkan fleksibilitas untuk mengatur transportasi, termasuk di darat, laut, udara, dan kereta, serta menjawab permintaan bisnis yang unik untuk industri logistik.

Puninar Logistics kini bisa menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet, untuk mendapatkan visibilitas pengapalan dan pengaturan acara melalui kapal, serta menangkap kegiatan secara real-time saat benar-benar terjadi.

Erwin Sukiato, Managing Director, Oracle Indonesia pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan jika perusahaan dari berbagai sektor beralih ke Oracle untuk solusi berbasis cloud, guna mengatur sumber daya dengan lebih baik serta meningkatkan efisiensi operasional mereka.

“Kami senang sekali menjadi bagian dari perjalanan Puninar Logistics menuju transformasi digital dan menjadikan Puninar Logistics sebagai perusahaan logistik pertama di Indonesia yang menggunakan solusi Oracle Transportation Management Cloud”, pungkasnya, seperti dilansir ArenaLTE.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY