Perusahaan pelayaran swasta PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) Resmikan Kapal Tol Laut Pertama

0
3006
Perusahaan pelayaran swasta PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) meresmikan beroperasinya kapal 'tol laut' atau short sea shipping pertama di Indonesia. Kapal yang bisa mengangkut penumpang dan ratusan truk barang ini bisa melakukan perjalanan 3 kali dalam satu pekan.  (detik.com)
Perusahaan pelayaran swasta PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) meresmikan beroperasinya kapal ‘tol laut’ atau short sea shipping pertama di Indonesia. Kapal yang bisa mengangkut penumpang dan ratusan truk barang ini bisa melakukan perjalanan 3 kali dalam satu pekan.
(detik.com)

Lampung – (suaracargo.com)

Perusahaan pelayaran swasta PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) meresmikan beroperasinya kapal ‘tol laut’ atau short sea shipping pertama di Indonesia. Kapal yang bisa mengangkut penumpang dan ratusan truk barang ini bisa melakukan perjalanan 3 kali dalam satu pekan.

Direktur Utama PT ALP Ryan Bernandus menuturkan, kapal ini beroperasi dari Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan sebaliknya. Waktu tempuh perjalanan dengan kapal berkecepatan 16 knot ini hingga sampai tujuan sekitar 40 jam. “Kira-kira perjalanannya 40 jam,” kata Ryan ditemui di Pelabuhan Panjang, Lampung, Rabu (6/5/2015).

Ryan mengatakan, kapal tersebut bakal berlayar perdana dari Pelabuhan Panjang pada pukul 22.00 WIB malam ini, dan diperkirakan tiba di Tanjung Perak Surabaya pada hari Jumat pukul 14.00 WIB. Kemudian, kapal tersebut akan melakukan bongkar muat dan kembali berlayar menuju Pelabuhan Panjang pada pukul yang sama yaitu 22.00 WIB. “Jadi kira-kira ada 3 kali trip. Panjang-Surabaya, Surabaya-Panjang, dan Panjang-Surabaya dalam seminggu,” katanya.

Hal ini merupakan kapal yang beroperasi tetap dan berjadwal, maka ada atau tidak ada muatan dan penumpang, kapal harus tetap berangkat. “Kita liner tetap dan teratur, mau muatannya hanya 10, mau tidak ada muatan itu tetap berangkat,” tutupnya, seperti dilansir detik.com.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto pernah mengatakan, waktu tempuh angkutan barang dari Jakarta-Surabaya menggunaka KA mencapai 11 jam. Harus ditambah waktu angkut dari pelabuhan ke pabrik dan tempat akhir ada masing-masing waktu tambahan 4 jam jadi semuanya ada 19 jam.

Untuk angkutan truk Jakarta-Surabaya menggunakan jalan umum dan langsung ke pabrik maka waktu tempuhnya 28 jam-30 jam selisih 11 jam lebih lama. Artinya bila menghitung dari lokasi di Pelabuhan Panjang di Lampung ke Surabaya, maka waktu tempuhnya lebih lama.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY