Peti Kemas II Belawan Mulai Dibangun Juni 2015

0
396
ilustrasi terminal peti kemas (tribun-medan.com)
ilustrasi terminal peti kemas (tribun-medan.com)

Medan – (suaracargo.com)

Akhirnya, pembangunan peti kemas II Belawan, yang sudah dicanangkan sejak November 2013 lalu, akan dimulai pada bulan Juni 2015 mendatang.
Pembangunan yang merupakan sinergi dari sejumlah BUMN ini, yakni PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) Hutama Karya, Wijaya Karya dan Bank Mandiri, sudah menyelesaikan proses administrasi. Humas PT Pelindo I, Eriansyah mengatakan, saat ini pihaknya sudah menjalankan proses administrasi. Proses pelelangan dan administrasi pun sudah diselesaikan.

“Semua administrasi sudah kelar pertengahan April. Rencananya akhir Mei atau awal Juni sudah dimulai, ya kita sudah siapkan semua, pelelangan sudah, administrasinya sudah. Kemarin administrasi ada sedikit tambahan yang harus dilampirkan, sudah selesai juga. Jadi tinggal taktisnya saja. Akhir Mei atau awal Juni sudah mulai lah mobilisasinya. Target kita pun pengerjaan ini bisa selesai sampai Juni 2018,” ujarnya Jumat (1/5/2015).

Erianysah mengatakan, pembangunan peti kemas II Belawan ini sangat besar potensinya untuk mengoptimalkan pasar. Ia menjelaskan, peti kemas yang melintasi Selat Malaka saat ini ada 60 juta teuls. Selama ini, penghasilan yang bisa diraup di peti kemas belawan I hanya 1,2 juta TEUs. Dengan pembangunan peti kemas II ini, pendapatan yang bisa diraih mencapai 2,2 juta TEUs.Karena, peti kemas II dibangun dengan kapasitas 1 juta TEUs.

“Kita sangat optimis bisa menambah pendapatan kita. Ya selama ini itu kan banyak dikuasai Singapore. Nah dengan adanya peti kemas II bisa menampung 2 juta TEUs. Tapi tetap, yang terbanyak itu di Kuala Tanjung, bisa sampai 25 juta Teus,” ungkapnya, seperti dilansir tribun-medan.com

Dengan pembangunan terminal peti kemas II Belawan ini, ia berharap, bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat. Artinya target dari Pelindo I, bisa meraih kenaikan 100 persen pendapatan. “Pastinya dengan kapasitas yang bertambah hampir dua kali lipat, ya diharapkan pendapatan kita juga naik 100 persen. Semoga bisa naik lah. Kalau angkanya ya saya harus cek dulu ke cabang kontainer kita. Tapi bisa ratusan miliar lah,” ungkapnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here