Petugas Bea Cukai Atambua Bongkar Kontainer Motor Ilegal

0
127

Atambua – (suaracargo.com)

Petugas Bea Cukai Atambua akhirnya membuka kontainer yang diduga berisi barang impor berupa motor gede (moge) jenis Harley Davidson di Pelabuhan Laut Atambua, Rabu (4/10/2017) siang sekitar pukul 14.00 wita.

Berdasarkan pantauan Pos Kupang, saat pintu kontainer terbuka, warga yang datang menyaksikan langsung berdesakan untuk melihat langsung isi kontainer tersebut.

Ternyata, tidak ada satupun sepeda motor gede (moge) jenis Harley Davidson dalam kontainer seperti informasi yang berkembang. Yang terlihat saat itu adalah puluhan peti kayu yang dikemas rapih sehingga tidak bisa diketahui isi dari peti kayu atau keler berukuran besar tersebut.

Dari beberapa peti kayu yang rusak saat akan dipindahkan dari kontainer ke kantor Bea Cukai di area pelabuhan tersebut, terlihat jelas bagian-bagian atau sparepart sepeda motor besar alias moge.

Ada ban, rangka mesin, lampu, dudukan dan onderdil sepeda motor lainnya.

Belum bisa dipastikan apakah itu milik motor Harley Davidson ataukah bukan namun dari ukuran dan jenisnya, bisa dipastikan bahwa itu bukan sparepart sepeda motor pada umumnya. Desainnya terlihat mewah dan besar.

Warga beramai-ramai membantu petugas memindahkan peti-peti kayu yang berjumlah 25 unit tersebut. Sekitar pukul 16.50 wita barulah semua peti kayu dipindahkan dari kontainer ke dalam kantor bea cukai Atapupu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Bea Cukai Atambua, Roben Dima kepada wartawan mengatakan, pihaknya belum memastikan barang-barang tersebut milik sepeda motor jenis apa karena harus dilakukan pencacahan (membuka semua peti dan memeriksa secara detail) untuk mengetahui jenis sepeda motornya.

“Tadi sudah bisa lihat sendiri bahwa tidak ada motor Harley Davidson seperti diberitakan. Kita akan lakukan pencacahan namun sepintas tadi secara kasat mata bisa terlihat bagian-bagian atau sparepart sepeda motor. Nanti hasil pencacahannya baru disampaikan,” ujarnya.

Untuk diketahui, kontainer ini dibuka oleh petugas Bea Cukai Atambua dibawah pimpinan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi

(Kasi) Pengawasan dan Penindakan Bea Cukai Atambua, Roben Dima dan penyidik dari Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kantor Wilayah (Kanwil) Bali, NTB dan NTT, Bandoro dan disaksikan petugas dari Kodim Belu dan Polres Belu, juga dari perusahan ekspedisi, Maksimus Keru.

Puluhan warga Atapupu mulai berdatangan saat melihat petugas membuka segel kontainer tersebut. Ada yang melonjak kegirangan saat kontainer tersebut dibuka.

Tanpa diperintah, puluhan warga ini secara sukarela mencari alat untuk membuka gembok kontainer. Salah satu warga bahkan mencari mesin pemotong besi untuk membantu petugas membuka gembok kontainer.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY