Pintu Lintasan KA Terbuka, Truk Trailer Tertabrak Kereta Barang

0
601
ilustrasi perlintasan kereta (daerah.sindonews.com)
ilustrasi perlintasan kereta (daerah.sindonews.com)

Kendal – (suaracargo.com)

Sebuah truk trailer bernopol H 1847 BY ditabrak kereta api (KA) barang Loko KA 2505 di perlintasan KA Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kecelakaan tersebut diduga terjadi akibat petugas penjaga palang pintu perlintasan tertidur dan tidak menutup pintu perlintasan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, truk trailer tersebut dikemudikan oleh Amat, warga Kecamatan Boja. Truk itu melaju dari arah timur melintasi perlintasan KA Kaliwungu sekitar pukul 05.10 WIB. Amat sendiri tidak menyadari jika ada KA barang yang melintas, karena palang pintu perlintasan dalam kondisi terbuka.

Kecelakaan pun tidak bisa dihindari. KA barang yang melaju dengan kecepatan tinggi itu menghantam bagian belakang truk. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, rangka truk melengkung akibat benturan dengan lokomotif KA barang.

Salah seorang saksi, Romdlon mengatakan, palang pintu perlintasan itu dalam keadaan terbuka. Hal itu diduga karena penjaga palang pintu yang bertugas tertidur. Sehingga truk trailer tetap melaju meskipun ada KA yang melintas.

“Posisi truk sudah berada ditengah perlintasan dan tabrakan tidak dapat dihindari. Saya sudah berteriak memberitahu kalau ada kereta api akan melintas dan meminta petugas menutup pintu tetapi tidak terdengar,” ujarnya, sebagaimana dilansir daerah.sindonews.com.

Sementara itu, sopir truk trailer tersebut, Amat, mengaku tidak melihat pintu perlintasan tertutup. Amat baru menyadari dirinya dalam bahaya saat mendengar klakson KA dari jarak yang sudah dekat. “Saya tidak melihat ada lampu dan pintu perlintasan tertutup jadi saya maju saja. Tapi sampai di tengah kok dengar klason kereta, “ katanya.

Polisi yang datang ke lokasi kejadian langsung memeriksa penjaga pintu perlintasan dan sejumlah saksi. Penjaga perlintasan, Guntur Handoko, mengaku tertidur dan tidak menutup pintu perlintasan.

Sementara itu Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto mengatakan, loko KA barang mengalami kerusakan akibat tabrakan ini. “Loko KA 2505 mengalami kerusakan pada lampu kabut kanan bawah dan kop hanger penyok, namun KA masih bisa melanjutkan perjalanan ,” ungkap Suprapto.

Menurut Suprapto, kasus ini sedang dalam penanganan kepolisian. Kendati demikian, pihaknya tetap meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati saat melintas di perlintasan KA. “Rambu-rambu di tiap perlintasan KA itu bersifat alat bantu pengamanan, termasuk penjaga palang pintu. Jadi, keselamatan jiwa justru dari kehati-hatian masyarakat sendiri,” tandasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here