PLB EastKal Untungkan Perusahaan Karena Hemat Miliaran Rupiah

0
357
Dokumentasi PT Astratel Nusantara Big Machines ex-masterlist berada di fasilitas penyimpanan PLB Eastkal Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jakarta – (suaracargo.com)

Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2016 lalu, Pusat Logistik Berikat (PLB) Eastkal mulai dilirik perusahaan di kawasan Kalimantan.

Salah satu perusahaan pengguna PLB tersebut adalah United Tractor (UT) yang sudah menggunakan fasilitas PLB milik Astra Group tersebut.

Penurunan biaya logistik secara signifikan menjadi alasan utama UT memilih PLB Eastkal. Barang yang awalnya harus diekspor ke luar negeri bisa dialihkan ke wilayah Indonesia.

Efisiensi waktu juga menjadi pertimbangan mereka, terutama lead time shipment yang dapat terpangkas 17 hari. Dengan demikian, konsumen akan mendapatkan barang lebih cepat.

Selain fasilitas dan kemudahan proses logistik, barang-barang impor yang ditempatkan di PLB juga mendapatkan insentif pajak dengan tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai sebesar 10 persen pada transaksi lokal.

banner-csm-atas

“Penghematan PPN lokal, lead time yang lebih singkat dan lokasi yang dekat dengan pelanggan menjadi ketertarikan kami memilih PLB Eastkal,” ungkap Manajer Logistik PT United Tractor, Dede, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/7/2016).

Perusahaan yang saat ini melayani wilayah Sabang-Merauke tersebut berencana menyimpan 75-100 Unit Big-Machines di PLB-Eastkal Balikpapan hingga akhir 2016.

Estimasi biaya logistik yang dihemat selama 6 bulan ke depan adalah sebesar 217.000-290.000 dollar AS atau setara Rp 2,8 miliar-Rp 3,8 miliar.

Menurut Presiden Direktur Astra Port Logistic Centra (APLC) Eastkal, Billy P Kadar, PLB yang dikelolanya telah memfasilitasi berbagai kegiatan bisnis para pengguna.

“Keberadaan PLB Eastkal memudahkan dan memperlancar proses logistik sehingga dapat menurunkan biaya logistik, sehingga  meningkatkandaya saing mereka,” tuntas Billy.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here