PLB Khusus Timah ICDX Beroperasi Tahun Ini di Bangka

0
602
Pekerja menata timah menjadi tumpukan seberat sekitar 1000 kg di pabrik PT Timah (Persero) Tbk di Mentok, Bangka, Rabu (18/12). Pendistribusian logam timah hampir 95 % dilaksanakan untuk memenuhi pasar di luar negeri (ekspor) dan sekitar 5 % untuk memenuhi pasar domestik. Untuk negara-negara yang menjadi tujuan ekspor timah antara lain Asia yang meliputi Jepang, Korea, Taiwan, Cina, dan SIngapura. ANTARA FOTO/Maha Eka Swasta/Koz/mes/13.

Bangka – (suaracargo.com)

Pusat Logistik Berikat (PLB) Khusus ekspor timah Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) akan beroperasi pada akhir tahun ini di Pulau Bangka. PLB tersebut berada di kawasan industri ?Ketapang Pangkalpinang yang dikelola mitra ICDX yaitu PT Tantra Karya Sejahtera dibawah bendera W1NS Group.

Dengan adanya PLB tersebut, ada banyak keuntungan yang akan diperoleh negara maupun pengusaha seperti biaya penampungan lebih murah dan bertambahnya lapangan kerja bagi warga lokal.

CEO PT Tantra Karya Sejahtera, Edwin Salim mengungkapkan saat ini pihaknya memiliki 3 buah gudang penampungan yang representatif dengan kapasitas 10 ribu ton. Kedepan, kapasitas gudang penampungan akan ditambah lagi menjadi total empat buah gudang.

“Memang keinginan awal ICDX itu memindahkan logistik di Singapura ke pulau Bangka. Untuk itu ICDX menggandeng PT Tantra Karya Sejahtera. Jadi kalau urusan timah nantinya orang luar negeri itu datang ke Bangka bukan ke Singapura atau negara lain,” ungkap Edwin Salim, Rabu (5/10), seperti dilansir bangkapos.com.

Ia menjelaskan, adanya PLB ini tujuannya adalah memindahkan penumpukan stok timah di Singapura. Sebab, ekspor ke Singapura itu mencapai 70 persen sementara konsumsinya sedikit. Berarti timahnya menumpuk disana

“Untuk PLB dalam waktu dekat ini kita akan mendapat izin dari Bea Cukai pusat dan akhir tahun sudah bisa jalan. Pak gubernur dari awal pengen untuk timah dari mulai dari produksi, peleburan hingga dan showroom penjulan ada di Bangka,” jelasnya.

PT Tantra Karya Sejahtera sendiri merupakan integrated company karena semua pelaksanaan operasional sudah satu pintu dari mulai gudang, transportasi, dokumen clearing, bongkar muat hingga tracking sudah lengkap.

“Kita memang komit mempertahankan keberadaan gudang logistik di Pulau Bangka untuk memajukan pulau Bangka.

ICDX menjadikan Bangka sebagai tempat home base pertimahan dunia, memang untuk trade di kantor pusat di Jakarta,” ungkapnya.

posko-garutPihak ICDX sendiri dalam siaran persnya mengungkapkan upaya peningkatan daya saing industri timah Indonesia, salah satunya dapat diperkuat apabila Indonesia memiliki pusat logistik berikat.

Kepemilikan pusat logistik berikat, akan menjadikan Indonesia lebih kompetitif serta dapat menjadi salah satu strategi yang tepat untuk membuat lebih banyak pelaku pasar dunia melakukan transaksi timah melalui bursa Indonesia.

ICDX logistik berikat (ILB) dibangun dengan fasilitas terbaik, seperti warehouse yang dimiliki oleh negara tetangga – Singapura, yang saat ini menjadi tempat favorit untuk menyimpan timah yang dibeli dari Indonesia.

ILB adalah pilihan yang tepat dan menguntungkan bagi para pelaku pasar dimana saja berada untuk menyimpan timah Indonesia setelah mereka bertransaksi, karena ILB dapat menekan biaya transportasi dan logistik.

Lebih dari itu, para pembeli timah Indonesia yang menyimpan hasil transaksinya di ILB juga mendapatkan bantuan pembiayaan yang lebih kompetitif, seperti pembiayaan yang mereka dapatkan di luar negeri.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here