Polusi Udara di Jakarta Utara Akibat Pelabuhan dan Kawasan Industri

0
568
Ilustrasi kegiatan pengangkutan peti kemas di pelabuhan (foto ilustrasi: Istimewa / koran-sindo.com)
Ilustrasi kegiatan pengangkutan peti kemas di pelabuhan (foto ilustrasi: Istimewa / koran-sindo.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menobatkan Jakarta Utara sebagai kota dengan tingkat polusi tertinggi di Indonesia. Penetapan tersebut didasari atas penelitian terhadap 14 kota metropolitan di Tanah Air.

Menanggapi penetapan itu, Wakil Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi menjelaskan, kondisi yang buruk itu terjadi karena di wilayah tersebut banyak terdapat pelabuhan atau kawasan industri. Akibatnya, lalu lalang kendaraan besar seperti truk barang dan kontainer tak terbendung.

“Itulah yang mungkin merupakan salah satu penyebab wilayah Jakarta Utara mendapat julukan polusi tertinggi di dunia,” ujar Wahyu saat diwawancarai di lobi kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (25/2), sebagaimana dilansir merdeka.com.

Untuk mengatasi masalah ini, Wahyu sudah merancang beberapa solusi untuk menekan tingginya angka gas emisi buang di wilayahnya. Seperti car free day dan penanaman 1 miliar pohon. “Kita sudah melakukan penanaman pohon seperti di Taman Komdak dan Taman Toyota,” ungkapnya.

Solusi lain, lanjutnya, akan dibangun jalur khusus kontainer. Selain itu, perbaikan ruang terbuka hijau juga gencar dilakukan dengan pihak swasta. “Semoga dengan pembenahan ini, Jakarta Utara bisa berkurang polusi yang ada,” tambahnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here