Prajurit TNI AL Punya Cukup Pengalaman Pengamanan Pelabuhan

0
369
Kapal patroli Bakorkamla 4801 Bintang Laut dan 4802 Singa Laut. (Foto: Bakorkamla)
Kapal patroli Bakorkamla 4801 Bintang Laut dan 4802 Singa Laut. (Foto: Bakorkamla)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI, Ade Supandi mengaku, prajurit matra laut pernah memiliki satuan untuk memantau proses bongkar muat di pelabuhan di masa Orde Baru.

Namun, pasca-reformasi, kewenangan tersebut dialihkan kepada Kesatuan Penjaga Laut dan Pelabuhan (KPLP).

“Dulu TNI AL itu juga menjadi bagian dalam sistem pengamanan pelabuhan, sebelum terbentuknya KPLP. Jadi, secara manajemen kepelabuhan yang baru sekarang sudah ada KPLP, KP3, Bea Cukai, Kemenhub sendiri,” papar Ade di usai melepas prajurit perdamaian di markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (27/8/2015).

Mantan Panglima Armatim itu memastikan, jika nanti anak buahnya, Laksamana Muda Achmad Taufiqurroehman menjadi ketua satgas antimafia pelabuhan, mereka tidak akan tidak akan mengganggu kinerja Armabar.

Seperti yang dilakukan oleh prajurit matra laut Amerika Serikat dalam pengamanan konvoi dagang.

“Kita memandang itu sebagai operasi selain perang. Mungkin di sini membantu arus kelancaran barang dan sebagainya. Kita juga kalau itu dibutuhkan, misanya tidak aman di laut bisa diminta untuk mengawal. Itu juga dilakukan Amerika untuk mengamankan konvoi dagang,” imbuhnya, seperti dilansir okezone.com.

Namun, Ade mengimbau, agar nantinya ditentukan secara pasti kewenangan serta dasar hukum satgas. Pasalnya, para prajurit militer, kata dia, selalu berfikir capaian akhir dalam setiap penugasan.

“Inikan hal yang bersifat teknis, yang dia bisa kembangkan nanti, yang jelas tugasnya apa, dasarnya hukumnya apa di tempatkan di sana, kemudian hasil akhirnya pengennya apa. Kita (TNI) selalu berfikir pada capaian akhir, kalau kita ingin menguasai pantai ya harus menguasai betulan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengusulkan agar Pangarmabar ditunjuk sebagai pemimpin satgas antimafia pelabuhan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here