Presiden: Dukung Ekspor Otomotif, Proyek Pelabuhan Patimban Dipercepat

0
143
Lokasi Pelabuhan Patimbang di Kabupaten Subang Jawa Barat (tribunnews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat akan dipercepat. Hal itu demi mendukung laju ekspor di sektor otomotif.

Pasalnya, menurut Jokowi, dengan adanya Pelabuhan Patimban, biaya ekspor otomotif bisa ditekan hingga lebih efisien.

“Pelabuhan ini nantinya bisa membuat efisiensi biaya yang ada, sehingga bisa bersaing dan berkompetisi dengan dengan negara lain,” ungkapnya di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018 di Jiexpo Kemayoran, Kamis (19/4).

Adapun sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini proyek Pelabuhan Patimban, Jawa Barat tinggal menunggu penilaian akhir tender.

Ditemui di kompleks Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu, Budi mengatakan bahwa proses tender saat ini sedang belangsung dan diharapkan selesai dalam satu dan dua pekan kedepan.

“Paling lambat Juli kita sudah mulai bangun,” ungkapnya. Dengan begitu ditargetkan, tahun depan pembangunan sudah setengah rampung, dan setengahnya lagi dirampungkan tahun 2020.

Namun sayangnya, Budi enggan membeberkan siapa perusahaan yang telah masuk proses final tender tersebut. “Yang masuk final, kalau gak salah ada dua, mereka join dengan Jepang,” jelasnya.

Meski begitu, dirinya memastikan dari Indonesia terdapat tiga kontraktor yang akan membangun proyek ini yakni Wijaya Karya, PTPP, dan Adhi Karya. Adapun ketiganya akan join dengan Penta Ocean dari Jepang untuk membangun pelabuhan tersebut.

Reporter: Sinar Putri S.Utami
Editor: M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here