Presiden: Pelabuhan Kuala Tanjung Diresmikan Tahun Depan

0
374
ilustrasi Pelabuhan (medan.tribunnews.com)

Sidney — (suaracargo.com)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, dengan progres sudah mencapai 68%, pengembangan pelabuhan yang digadang-gadang menjadi pesaing Singapura itu akan selesai sesuai target yakni akhir tahun ini.

“Ini Kuala Tanjung sudah selesai 68%, dikerjakan 2015, kalau bekerja dicek terus, di-press, mereka bekerja, orang kita ini bisa. Akhir tahun sudah bisa diresmikan,” kata Jokowi di depan ribuan WNI yang memenuhi International Convention Center (ICC) Sydney, Australia, Minggu (26/2/2017).

Selain itu, kata Jokowi, dirinya juga menginginkan agar BUMN-BUMN pengelola pelabuhan bisa menggandeng operator pelabuhan besar luar negeri. Tujunanya adalah agar partner luar negeri BUMN bisa membawa kapal-kapal yang jadi pelanggan mereka bisa bersandar di pelabuhan-pelabuhan Indonesia.

“Saya ingin juga dari BUMN kerjasama dengan pelabuhan-pelabuhan besar, supaya mitra kerjanya masuk ke Indonesia, Pelindo dengan Port of Rotterdam, dengan Port of Dubai. Kalau enggak kerjasama atau kita sendiri sulit jadi besar. Karena perlu keahlian manajemen, mengelola logistik bukan hal yang mudah,” paparnya, seperti dilansir detik.com.

Pembangunan pelabuhan merupakan bagian dari realisasi tol laut. Sekarang memang belum banyak, hanya pelabuhan Tanjung Priok yang rencananya akan jadi hub internasional sementara menunggu penyelesaian Kuala Tanjung.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here