Proses Reklamasi di Pelabuhan Malundang Sudah 70 Persen

0
116
PROYEK: Kondisi Pelabuhan Malundung Tarakan sebagai pintu utama perdagangan di Kaltara saat ini sedang diperluas agar bisa menampung lebih banyak petikemas. JOHANNY SILITONGA/RADAR TARAKAN

Jakarta – (suaracargo.com)

Guna meningkatkan kapasitas peti kemas di Pelabuhan Malundung, PT Pelindo IV (Persero) masih terus melakukan proses reklamasi. Saat ini, proses reklamasi yang telah dilakukan mencapai 70 persen.

“Untuk reklamasi telah mencapai 70 persen dan diperkirakan tahun ini proses reklamasi selesai,” ucap, Direktur Operasional dan Komersial PT Pelindo IV (Persero) Riman S Duyo, Jumat (2/2/2018) usai melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pemkot Tarakan di Kantor Cabang PT Pelindo IV Tarakan.

Riman mengatakan, proses reklamasi dapat cepat dilakukan, tidak terlepas karena adanya dukungan dari Pemkot Tarakan yang mempermudah dalam proses pengurusan izin prinsipnya. Pasalnya pengurusan izin prinsip ini selesai satu hari.

“Saya dapat informasi dari General Manager (GM) PT Pelindo IV, proses pengurusan izin prinsip hanya satu hari. Padahal pengalaman kami di beberapa daerah paling lama dua hari. Ini cuman sehari saja sellau,jadi kami ucapkan terimakasih kepada Pemkot Tarakan,”ujarnya.

Menurut Riman, proses reklamasi dilakukan dengan luas lahan dua hektar. Apabila proses reklamasi selesai di tahun ini, diperkirakan di tahun 2019 perluasan peti kemas dapat segera dioperasionalkan,” ucap Riman.

“Karena tiap tahun pertumbuhan peti kemas yang keluar dan masuk di pelabuhan Tarakan ini terus meningkat. Misalnya di tahun 2016 ada 32.000 kontainer, tahun 2017 meningkat sebanyak 35.000 kontainer dan tahun 2018 dengan perluasan ini akan meningkat,” ujarnya.

Riman mengatakan, dengan perluasan peti kemas ini tentunya akan menampung sekitar 100.000 teus atau kontainer. “Kalau ditambah 100.000 teus berarti peti kemas di Pelabuhan Tarakan ini dapat bertahan sampai lima tahun kedepan,” katanya, seperti dilansir tribunkaltim.co.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here