PT KAI Akan Aktifkan Lagi Jalur KA Kalisat – Bondowoso

0
844
Stasiun Bondowoso (infobondowoso.net)
Stasiun Bondowoso (infobondowoso.net)

Jember – (suaracargo.com)

Jalur kereta dari Kalisat, Jember, ke Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, ditargetkan beroperasi pada tahun 2018. Humas PT Kereta Api Daerah Operasional IX Jember, Sugeng Trianto, mengatakan bahwa selain untuk digunakan oleh kereta api pengangkut penumpang, jalur tersebut juga akan dioperasikan untuk kereta barang. “Untuk mendukung aktivitas Pelabuhan Panarukan yang akan menjadi pelabuhan internasional,” kata Sugeng kepada Tempo, Selasa, 21 Oktober 2014, sebagaimana dilansir tempo.co.

Jalur kereta Kalisat-Panarukan tersebut akan mulai diaktifkan kembali pada 2015. Rencananya, jalur tersebut bisa dipakai pada 2018. Namun PT KAI belum menghitung detail berapa investasi yang dibutuhkan untuk mengaktifkan rel tersebut.

Rel kereta Panarukan-Kalisat itu sendiri merupakan warisan Belanda yang dioperasikan pertama kali pada 1 Oktober 1897. Kereta api pada masa kolonial sangat penting untuk mengangkut tembakau, kopi, beras, dan hasil perkebunan lainnya dari Jember, Banyuwangi, Bondowoso, serta Situbondo ke Pelabuhan Panarukan untuk diekspor ke berbagai negara. Namun, pada 2004, PT KAI memutuskan menutup jalur ini karena penumpangnya sepi.

Sulastri, 50 tahun, seorang perempuan yang tinggal 30 meter dari Stasiun Panarukan, menuturkan bahwa kondisi stasiun dan rel menjadi semakin memprihatinkan semenjak PT Kereta Api Indonesia menutup jalur kereta Jember-Situbondo pada 2004. “Dulu, rumah-rumah itu tidak ada. Sekarang jadi padat,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY