PT KAI: Kereta Barang Bisa Angkut Sampai 30 Kontainer

0
206
Ilustrasi Kereta Peti Kemas (surabaya.bisnis.com)
Ilustrasi Kereta Peti Kemas (surabaya.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) yakin permasalahan “dwell time” atau masa inap kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok akan dapat teratasi dengan kereta. Hal itu dimungkinkan karena kereta memiliki daya angkut yang sangat besar.

“Kereta barang itu sekali angkut bisa sampai 30 kontainer. Jadi kalau nanti boleh masuk (ke Pelabuhan Tanjung Priok), tentu akan jauh lebih murah,” kata Direktur Komersial PT KAI Herlianto di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2015).

Menurut Herlianto, saat ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sedang membenahi sistem persinyalan yang ada di jalur kereta menuju pelabuhan tersebut.

Ia menyebut, Ditjen Perkeretaapian menargetkan pembenahan tersebut dapat dirampungkan paling lambat pada akhir tahun ini.

“Lagi pembenahan persinyalan yang belum. Kalau persinyalannnya udah bagus, sudah bisa. Kereta kan sangat tergantung pada persinyalan. Mudah-mudahan tahun ini selesai,” ujar Herlianto.

Sebagai informasi, Menteri Koordinator Maritim Rizal Ramli sedang berencana membuka kembali jalur kereta menuju ke dalam Pelabuhan Tanjung Priok. Rizal yakin hal ini akan membuat kontainer bisa segera terangkut.

Beberapa waktu silam, Rizal bahkan memimpin langsung kegiatan pembongkaran beton yang selama ini menutupi rel kereta yang dibangun ketika masa penjajahan Belanda itu.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY