PT KAI Siap Ambil Alih Pembangunan Jalur Rel Kereta Pelabuhan Tanjung Priok

0
312
Ilustrasi kereta api. (Foto: Okezone)
Ilustrasi kereta api. (Foto: Okezone)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah siap untuk mengambil alih proyek pembangunan kereta api di Pelabuhan Tanjung Priok. Namun, sampai saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum memberikan arahan untuk menangani proyek tersebut.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukrono menjelaskan, proyek yang tengah ditangani oleh PT Pelindo II tersebut belakangan ini memang sedang menemui jalan buntu. Menurut Edi, kemandekan proyek tersebut terjadi hanya karena masalah pembebasan tanah yang masih terhambat.

“Kami sudah siap manakala itu diserahkan pada KAI untuk diambil alih, dan itu real tracknya tidak jauh. Jadi mungkin minggu-minggu ini akan diberikan informasi kepada kami bahwa itt sudah selesai atau belum. Karena itu notok ke (makam) Mbah Priok,” jelas dia di Jakarta, Rabu (14/1/2015), sebagaimana dilansir sindonews.com.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengakui, proyek kereta pelabuhan masih terkendala pembebasan lahan. Padahal, tujuan proyek pembangunan tersebut adalah untuk menunjang pelayanan moda transportasi pengangkutan barang.

Jika masalah tersebut belum dapat terselesaikan hingga akhir tahun ini, maka pihak Kemenhub akan menghanguskan anggaran. Kemudian, pihak Kemenhub akan melimpahkan izin pembebasan lahan serta pembangunan proyek tersebut kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here