PT KAI Siap Operasikan Dua Stasiun Kereta Barang di Semarang

0
204
ilustrasi kereta barang (kaskus/tribunnews.com)
ilustrasi kereta barang (kaskus/tribunnews.com)

Semarang – (suaracargo.com)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) yakin bahwa, pada tahun ini bisa mengoperasikan dua stasiun barang di Kota Semarang. Kedua stasiun itu masing-masing beradadi Ronggowarsito dan Alastuwo. Keberadaan dua stasiun itu bertujuan menambah layanan angkutan barang di daerah operasional setempat yang selama ini masih kalah dibanding Surabaya dan Jakarta.

“Stasiun di Ronggowarsito untuk peti kemas, sedangkan yang Alastuwo untuk angkutan barang semen dan sepeda motor,” kata Direktur Utama PT KA Logistik Budi Noviantoro saat berkunjung ke Semarang, Senin, 12 Januari 2015, sebagaimana dilansir tempo.co.

Budi menargetkan, dua stasiun yang sudah disiapkan itu bisa digunakan pada pada semester II 2015. “Bahkan untuk Stasiun Alastuwo lebih cepat, kira-kira Mei mendatang bisa digunakan,” katanya.

Untuk merealisasikan kegiatan operasional dua stasiun barang itu, PT KAI kini sedang meningkatkan komunikasi dengan pemerintah daerah setempat. Pendekatan yang hanya bisa dilakukan dengan pemda itu bertujuan untuk mempermudah proses pemberian akses jalan ke stasiun yang selama ini melewati lahan bukan milik PT KAI.

Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Wawan Ariyanto, meyakini pengembangan dua stasiun barang di wilayah kerjanya itu mampu meningkatkan proporsi pengangkutan barang hingga 30 persen. “Meningkat dari biasanya. Selama ini hanya 11 persen,” katanya.

Menurut Wawan, layanan angkutan barang oleh PT KAI di Semarang masih kalah dibanding Jakarta dan Surabaya. “Selama ini kami hanya jadi penonton, makanya kami bangun terminal barang di Alastuwo dan Ronggowarsoito,” katanya.

Selain menargetkan pembangunan terminal barang di Semarang, ia juga menyasar daerah lain, seperti Weleri di Kabupaten Kendal, Tegal, dan Cepu. Keberadaan stasiun barang di sejumlah titik itu berfungsi sebagai penyangga perekonomian daerah sekitar ketika akses jalan raya sudah mulai padat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY