PT KAI Uji Coba Kereta Barang di KEK Sei Mengkei

0
996
Ilustrasi Rangkaian Kereta Barang - tribunnews.com

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan uji coba kereta barang dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei hingga Belawan. Uji coba ini diharapkan bisa berjalan dengan baik dan nantinya memberikan efek positif terhadap pergerakan ekonomi di daerah setempat.

“Pembangunan jaringan rel kereta api yang menghubungkan KEK Sei Mangkei ke jalur KA eksisting di Stasiun Perlanaan-Medan-Belawan sudah selesai sehingga diuji coba untuk dioperasikan secara maksimal,” kata Manajer Humas KAI Divre I Sumut Joni Martinus, seperti dikutip dari Antara dan dilansir metrotvnews.com, di Medan, Senin (5/12/2016).

Ia mengatakan hal tersebut di sela persiapan pelaksanaan uji coba operasional KA peti kemas dari KEK Sei Mangkei ke Pelabuhan Belawan. Kereta api itu berupa satu rangkaian yang terdiri atas satu unit lokomotif CC201 dan 11 gerbong datar 22 TEUs dengan jarak tempuh 139 km dan waktu tempuh 256 menit.

Uji coba operasional KA itu dijadwalkan disaksikan oleh Direktur Sarana Perkeretaapian Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Hotma P. Simanjuntak, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika; I Gusti Putu Suryawirawan, dan sejumlah pejabat Sumut.

Dengan dioperasikannya kereta barang dari KEK Sei Mangkei hingga Pelabuhan Belawan dan selanjutnya hingga ke Pelabuhan Kuala Tanjung, dia berharap agar kereta tersebut dapat mendorong kelancaran arus distribusi barang, khususnya angkutan logistik.

Dengan lancarnya arus barang dari KEK itu, pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, khususnya wilayah Sumatera. Pada tahap awal uji operasi, lintas Sei Mangkei-Belawan akan dilayani oleh satu KA dengan kapasitas angkut maksimum 30 TEUs.

“KAI siap melayani angkutan barang dari perusahaan yang berada di Sei Mangkei atau dari Belawan,” pungkas Joni.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here