PT Pelindo Husada Citra Penuhi Kebutuhan Fasilitas Kesehatan di Sekitar Pelabuhan

0
235
Peluncuran Klinik PHC Banjarmasin disertai dengan kegiatan Bakti Sosial berupa pemeriksaan umum dan gigi gratis yang diikuti oleh 100 orang masyarakat di sekitar klinik. FOTO: HUMAS PELINDO III/bisniskini.com

Banjarmasin – (suaracargo.com)

PT Pelindo Husada Citra (PHC) menyadari betapa pentingnya fasilitas kesehatan bagi para pekerja dan masyarakat di sekitar pelabuhan. Untuk itu, anak usaha PT Pelindo III berusaha memenuhi kebutuhan itu.

Dalam kesempatan kali ini, PHC telah meresmikan fasilitas kesehatan, Klinik PHC Banjarmasin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (22/2/2018). Fasilitas kesehatan tersebut merupakan klinik berstatus pratama keenam yang didirikan oleh PHC, sebelumnya telah ada tiga klinik di Surabaya, dan dua klinik di Semarang, Jawa Tengah.

Pada acara peluncuran Klinik PHC Banjarmasin tersebut, juga diselenggarakan kegiatan Bakti Sosial berupa pemeriksaan umum dan gigi gratis yang diikuti oleh 100 orang masyarakat di sekitar klinik. “Pelindo III sebagai BUMN kepelabuhanan tidak ingin hanya hadir di tengah masyarakat sebagai entitas bisnis pengelola Pelabuhan Banjarmasin, tetapi juga turut memberikan fasilitas kesehatan untuk meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat di sekitar pelabuhan,” kata Direktur Utama PT PHC, dr. Agus Akhmadi, di sela acara Bakti Sosial.

Ia memaparkan bahwa pelayanan kesehatan untuk pasien di Klinik PHC Banjarmasin ditangani oleh tim utama yang terdiri dari sembilan tenaga kesehatan profesional, yaitu 2 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 perawat, 1 bidan, 1 apoteker, 1 asisten apoteker, 1 analis kesehatan, dan 1 radiografer. Seluruhnya telah memiliki izin dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Klinik PHC Banjarmasin tersebut juga menyediakan berbagai fasilitas pelayanan penunjang kesehatan (rawat jalan) di antaranya Poli Umum, Poli Gigi, Apotek, Poli Kesehatan Ibu dan Anak, dan juga melayani khitan.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, salah satu alasan PT PHC membuka layanan Poli Kesehatan Ibu dan Anak adalah karena melihat tingginya angka kematian ibu dan anak di Kota Banjarmasin. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin tahun 2014-2016, angka kematian ibu mencapai 32 orang dan kematian anak sejumlah 153 bayi.

Klinik tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan dasar yang biasanya dibutuhkan oleh pasien sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat sekunder (Rumah Sakit). Saat ditanya mengenai kelebihan Klinik PHC Banjarmasin, dr. Agus menjelaskan bahwa klinik ini memliki tempat yang nyaman dan luas untuk pasien dengan luas bangunan 435 meter persegi (2 lantai) pada luas tanah 463 meter persegi. Serta memiliki akses yang strategis. “Lokasinya strategis dan mudah dijangkau, karena berada di pinggir Jalan Yos Sudarso”, tambahnya.

Klinik ini melayani pasien dari hari Senin sampai Sabtu dengan jam operasional mulai pukul 07.00 WITA sampai 21.00 WITA. Sedangkan untuk jenis pembayarannya, bisa menggunakan sistem tunai dan juga asuransi In Health Mandiri. “Untuk ke depannya, klinik ini akan melakukan kerja sama dengan beberapa penyedia layanan kesehatan seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan juga asuransi swasta lainnya. Selain itu nantinya ketika fasilitas tambahan lainnya sudah siap, akan ada layanan Laboratorium dan Radiologi di Klinik PHC Banjarmasin”, tambahnya lagi, seperti bisniskini.com.

Selain klinik kesehatan, PHC juga menyediakan 12 Klinik First Aid dan K3 Perusahaan di sejumlah pelabuhan yang dikelola Pelindo III, seperti di Surabaya, Gresik, Semarang, Benoa, dan di Banjarmasin. Klinik First Aid dan K3 Perusahaan berfungsi untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja. Juga untuk memberikan edukasi promotif dan preventif terhadap penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja. “Untuk meminimalisir terjadinya fatality pada kecelakaan kerja, terutama di lokasi yang berpotensi terjadinya kecelakaan, ” kata CEO Regional Kalimantan Pelindo III, Recky Julius Urulial, pada acara yang sama.

Hadirnya Klinik PHC Banjarmasin meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat umum. “Kepastian akses pada layanan kesehatan penting bagi Pelindo III. Apalagi saat ini kami sedang bertransformasi untuk menjadi perusahaan berstandar global yang berfokus pada aspek people, process, and technology. Fasilitas kesehatan menjadi bentuk penyediaan teknologi untuk menjaga kesehatan insan Pelindo III, agar tetap bisa bekerja dan berinovasi demi mendukung proses bisnis perusahaan agar lebih optimal lagi,” tutupnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here