PT Pelindo III Banjarmasin Tambah 3 Unit RTG

0
522
bongkar muat peti kemas. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Banjarmasin – (suaracargo.com)

PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kembali menambah fasilitas bongkar muat berupa tiga unit Rubber Tired Gatry (RTG). Ketiga unit RTG ini rencananya akan mulai beroperasi pada pertengahan bulan November 2016.

General Manager PT Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana mengatakan, penambahan tiga unit RTG ini akan meningkatkan layanan jasa kepelabuhanan. Ketiga RTG dengan kapasitas angkut 25 box/jam per unitnya tersebut akan menambah 11 unit yang telah ada sebelumnya. Pada 2017 nanti, akan datang lagi empat unit RTG. Dengan demikian, total RTG yang akan dimiliki Pelabuhan Banjarmasin mencapai 18 unit.

“Idealnya cukup 16 unit yang beroperasi melayani aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Banjarmasin saat ini, jadi dua unit akan dicadangkan untuk pengganti bila sewaktu-waktu ada RTG yang rusak di tengah pekerjaan, sehingga akan menekan keterlambatan pekerjaan yang dapat berimplikasi pada biaya,” katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/11).

Ketiga RTG tersebut saat ini masih dalam pemeriksaan dan percobaan agar tidak mengalami kendala saat beroperasi. Menurut Hengky, peningkatan fasilitas pelabuhan yang kini terus dilakukan Pelindo merupakan salah satu upaya mengantisipasi peningkatan pertumbuhan ekonomi Kalsel dalam beberapa tahun ke depan.

“Penempatan ketiga unit tersebut akan melihat kondisi kepadatan aktifitas bongkar muat di Pelabuhan,” katanya, seperti dilansir merdeka.com.

Selain mendatangkan RTG, Pelindo Banjarmasin juga telah menyiapkan lapangan penumpukan (Container Yard) seluas 11 hektar, di sekitar Pelabuhan Trisakti yang akan mampu menampung 500.000 sampai 600.000 kontainer.

Selain itu, Pelindo III Banjarmasin bekerjasama dengan RS PHC Surabaya juga akan membuka Klinik PHC di kawasan Pelabuhan Banjarmasin yang bisa dimafaatkan juga oleh masyarakat sekitar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY