PT Pelindo IV Beri Insentif Kepada Perusahaan yang Lakukan Direct Ekspor

0
292
ilustrasi pelabuhan di Makassar

Makassar – (suaracargo.com)

PT Pelindo IV memberikan rangsangan berupa pemberian insentif atau pengurangan biaya kepada semua perusahaan perkapalan yang melakukan direct ekspor, atau pengiriman barang dari pelabuhan wilayah Pelindo IV melalui pelabuhan Makassar lalu ke luar negeri.

Program yang bertajuk Multiport Tariff ini memberikan potongan tarif Container Handling Charge (CHC) diskon 15 persen dari tarif dasar.

Diskon tarif kapal hingga 50 persen untuk perusahaan yang memenuhi standar kunjungan tertentu selama tiga bulan berturut-turut. Jika ketentuan sebelumnya tidak dipenuhi, maka diskon turun menjadi 25 persen saja.

banner-csm-atas

Azis mengilustrasikan, barang dari pelabuhan Maluku dikirim ke Makassar lalu diteruskan ke luar negeri. Barang tersebut akan mendapatkan dua insentif. Di atas di pelabuhan Maluku, kapal mendapat potongan biaya kapal sebesar 50 persen dan 15 persen biaya CHC diperuntukkan bagi kapal yang memenuhi kunjungan minimal empat call dengan total muatan 800 Teus per bulan.

Sementara shipping company yang tidak memenuhi satu dari syarat di atas mendapatkan 25 persen biaya kapal dan 15 persen CHC.

“Ini cukup bagus untuk merangsang pertumbuhan pengiriman barang dari pelabuhan Makassar ke luar negeri. Tujuannya menguatkan sektor Indonesia Timur,” kata General Manager (GM) Termina Petikemas Makassar, Badul Azis, seperti dilansir tribunnews.com.

Usai diskon, biaya ini masih relatif  setara dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Pihaknya sudah melakukan perundingan dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY