PT Pelindo IV Optimistis Mampu Raup Pendapatan Sebesar Rp2,4 triliun Seiring Dengan Perluasan Pelayanan pada Sejumlah Titik di KTI

0
316
ilustras pelabuhan Pontianak (sulawesi.bisnis.com)i

Makassar – (suaracargo.com)

Operator pelabuhan kawasan timur Indonesia, PT Pelindo IV, optimistis pihaknya akan mampu meraup pendapatan sebesar Rp2,4 triliun seiring dengan perluasan pelayanan pada sejumlah titik di KTI.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto mengemukakan, jalinan kerja sama dengan sejumlah korporasi yang berbasis di wilayah timur diestimasi mampu mendongkrak pendapatan perseroan, terlebih lagi di segmen pelayanan kapal.

Sepanjang tahun lalu, performa perseroan terkoreksi sebesar 0,18% menjadi Rp2,01 triliun, di mana salah satunya dipicu pelemahan segmen pelayanan jasa kapal yang susut hingga 12,53% bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Promo CSMCARGO Ramadhan

Menurut Budi, kondisi tersebut dipengaruhi oleh sejumlah kebijakan pemerintah, di mana salah satunya terkait pelayanan kapal yang juga menjadi domain Kementerian Perhubungan.

“Tetapi tahun ini kita optimistis akan membaik, kita target revenue 2016 bisa mencapai Rp2,4 triliun. Diantaranya segmen pelayanan jasa kapal kita dapat pasar baru, kerjasama dengan korporasi lain. Ini akan jadi penopang,” katanya kepada Bisnis, Selasa (7/6/2016).

Dia menguraikan, kerja sama untuk pelayanan jasa kapal diantaranya dengan PT LNG Donggi Sinoro dan PT Freeport serta pengoperasian sejumlah terminal khusus untuk distribusi hasil produksi perusahaan resources di timur akan mendongkrak performa pendapatan Pelindo IV pada tahun ini.

Sekadar diketahui, BUMN Kepelabuhanan itu mencatatkan performa pendapatan yang kurang mengesankan sepanjang tahun lalu, meski pada beberapa segmen usaha tetap mengalami peningkatan.

Kondisi perekonomian yang cenderung melemah pada 2015 ikut menekan performa perseroan. Ditambah lagi terbitnya sejumlah regulasi pemerintah yang cenderung justru menekan laju bisnis logistik kepelabuhanan.

Sejauh ini, pendapatan Pelindo IV bersumber dari sembilan segmen usaha diantaranya pelayanan jasa kapal, pelayanan jasa barang, pengusahaan alat, pelayanan usaha terminal, pelayanan terminal peti kemas serta pelabuhan atau dermaga khusus.

Pelayanan terminal peti kemas menjadi segmen dengan kontribusi paling tinggi sepanjang 2015 mencapai Rp810,88 miliar kemudian pelayanan jasa kapal Rp528,75 miliar, pelabuhan atau dermaga khusus Rp423,73 miliar, pelayanan usaha terminal Rp340,74 miliar dan sisanga bersumber dari akumulasi dari lima segmen usaha Pelindo IV.

Di sisi lain, perolehan laba bersih Pelindo IV sepanjang 2015 juga anjlok hingga 20,75% menjadi Rp377,21 miliar, lantaran beban operasional perusahaan yang membengkak sebesar 11,74% menjadi Rp1,79 triliun.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here