PT Pelindo IV Siapkan 3 Pelabuhan Kelolaan Perseroan Untuk Dukung Tol Laut

0
318
ilustrasi pelabuhan (makassar.bisnis.com)
ilustrasi pelabuhan (makassar.bisnis.com)

Makassar – (suaracargo.com)

PT Pelindo IV menyiapkan tiga pelabuhan kelolaan perseroan untuk menjadi simpul utama program Tol Laut dalam rangka memangkas ongkos logistik di wilayah timur Indonesia. Tiga pelabuhan tersebut, yang digadang-gadang perseroan menjadi simpul utama konektivitas berbasis Tol Laut, adalah Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Bitung serta Pelabuhan Sorong.

Direktur Utama Pelindo IV Mulyono menuturkan, perencanaan besar yang telah disusun meliputi pengembangan kapasitas terpasang pelabuhan dalam tiga tahun kedepan dengan berorientasi pada infrastruktur Tol Laut. “Pengembangan kapasitas pelayanan petikemas menjadi prioritas, seluruhnya memang eksisting yang akan kami tingkatkan produktivitas dan efesiensi pelayanan bongkar muatnya,” katanya saat ditemui Bisnis, Selasa (21/4/2015).

Mulyono juga menjelaskan, pengembangan ketiga pelabuhan tersebut meliputi pengadaan alat bongkar muat seperti container crane dan RTG serta perluasan lapangan petikemas sehingga mampu mendukung peningkatan kapasitas terpasang. Sumber pendanaan untuk seluruh perencanaan tersebut bersumber dari kas internal perseroan, di mana bakal dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur maupun supatruktur 3 pelabuhan utama tersebut.

Secara umum, Pelindo IV telah menyiapkan belanja modal untuk pengembangan seluruh pelabuhan kelolaan sebesar Rp1,4 triliun yang juga dialokasikan untuk pembenahan maupun pengembangan pelabuhan. Menurut Mulyono, sebagian besar dana tersebut bakal terserap untuk pengadaan alat bongkar muat, pembelian kapal tunda, perluasan lapangan petikemas, penambahan dermaga serta pembenahan sejumlah terminal penumpang.

“Tahun ini kita orientasinya ke pelayanan petikemas dan barang untuk mendukung program Tol Laut, tetapi kita juga mengembangkan segmen lain secara simultan diantaranya revitalisasi terminal penumpang di beberapa pelabuhan,” katanya.

Adapun alokasi belanja modal perseroan yang direncanakan pada tahun ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan realisasi investasi sepanjang tahun lalu yang mencapai Rp700 miliar. Sepanjang 2014, perseroan mencatatkan pendapatan operasional seluruh segmen mencapai Rp2,06 triliun atau meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp1,69 triliun.

Segmen pelayanan petikemas memberikan kontribusi terbesar mencapai sekitar 40% terhadap total pendapatan perseroan. Selain itu, pendapatan Pelindo IV juga bersumber dari lini pelayanan jasa kapal, usaha terminal, pelabuhan atau dermaga serta sejumlah segmen usaha lainnya. “Untuk tahun ini kami menargetkan kinerja bisa tumbuh dua digit seiring dengan sejumlah investasi yang dilakukan sepanjang 2015 ini,” papar Mulyono.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto menambahkan, total estimasi dana yang bakal digelontorkan perseroan untuk pengembangan pelabuhan kelolaan hingga 2018 mendatang mencapai lebih dari Rp3 triliun.

Menurutnya, sumber dana tersebut dari kas internal, pinjaman perbankan serta pemanfaatan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) yang dikucurkan pemerintah pusat kepada perseroan dari APBN-P 2015. Dana tersebut selanjutnya bakal digunakan untuk pengembangan 3 pelabuhan yang disiapkan menjadi simpul Tol Laut maupun pelabuan feeder yang dikelola perseroan di wilayah timur Indonesia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here