Pulau Karimun Anak Dinilai Layak Jadi Pelabuhan Peti Kemas Internasional

0
575
Peta Pulau Karimun Anak (batampos.co.id)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Tanjungbalai Karimun menilai, keberadaan Pulau Karimun Anak yang sangat strategis karena berhadapan langsung dengan Selat malaka. Letak geografis pulau tersebut juga cukup menjanjikan untuk dijadikan pelabuhan peti kemas bagi kapal-kapal kargo yang berlayar antar negara.

”Apabila dibangun pelabuhan peti kemas di Pulau Karimun Anak, akan berdampak langsung positif terhadap pembangunan Kabupaten Karimun. Memang memerlukan investasi yang cukup besar, pembangunan fasilitas disana,” kata Manajer Bisnis PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun, Junaidi, Sabtu (27/2).

Ia berpendapat, kalau Pulau Karimun Anak benar-benar bisa direalisasikan jadi pelabuhan peti kemas berskala international, maka multiefeknya, terhadap perekonomian masyarakat di Karimun sangat besar sekali. mendapatkan limpahan kapal-kapal peti kemas dari Singapura.

”Tinggal penghubung saja. Melalui jembatan antara Pulau Karimun Besar dan Pulau Karimun Anak, arus perdagangan nantinya semakin pesat,” tuturnya, seperti dilansir batampos.co.id.

Direksi PT Pelindo I Medan, telah meminta Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun mencarikan lahan untuk pembangunan pelabuhan petikemas. Namun, hingga saat ini masih kesulitan mendapatkan lahan yang cocok. Sebab, sebagian besar perairan di pesisir Pulau Karimun Besar sangat dangkal, tidak bisa dilintasi tanker-tanker berbobot besar.

”Ya tergantung pihak Pemda Karimun. Kalau Pulau Karimun Anak itu bisa kita bangun, kenapa tidak. Bisa bekerjasama dengan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun, untuk mengelola nantinya, selain di pelabuhan bongkar muat di Parit Rempak, Kecamatan Meral, meski kapasitasnya masih terbatas,” jelas Junaidi optimis.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here