Pusat Logistik Berikat Diyakini Mampu Tekan Impor Hingga 16 Persen

0
383
ilustrasi pusat logistik berikat (sentananews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Masuknya 12 perusahaan dalam daftar pusat logistik berikat (PLB) diyakini mampu menekan impor barang modal. Untuk tahun ini, pemerintah yakin nilai impor bisa turun hingga 16%.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Edy Putra Irawady bilang, penurunan itu terjadi dengan perhitungan jika hanya 12 perusahaan tersebut saja yang masuk. Jumlahnya akan bertambah jika jumlah perusahaan yang bergabung juga meningkat.

Penurunan impor tersebut terjadi karena efisiensi. Efisiensi muncul lantaran, proses impor barang-barang kebutuhan industri akan terpusat di dalam negeri.

Selama ini, barang-barang impor terpusat di Singapura, kemudian dikirim sesuai dengan kebutuhan ke Indonesia. “Ini akan menurunkan biaya dan juga harganya dibanding dengan metode semula,” kata Edy, kepada KONTAN di Jakarta, Kamis (4/2).

Menurutnya hal yang sama juga akan terjadi untuk ekspor. PLB ini juga akan menjadi penampungan produk ekspor. Dengan begitu, rantai distribusi bisa dipangkas dan para pembeli akan lebih mudah dalam mencari produk-produk dalam negeri.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Heru Pambudi bilang, pusat logistik berikat akan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Sehingga dengan turunnya impor, di sisi lain ekspor meningkat akan mendorong neraca dagang semakin positif. Rencananya, pemerintah akan memperkenalkan 12 perusahaan yang masuk dalam pusat logistik berikat pada akhir Februari tahun ini.

Adapun perusahaan itu diantaranya, PT Toyota Motor Manufactur, PT Pelabuhan Panajam Banua Taka, PT Cipta Krida Bahari, PT Cikarang Dry Port, PT Petrosea, PT Khrisna Bali International Cargo, PT Agility International, PT Dunia Express Transindo, PT Vopak Terminal Merak, PT Dahana, PT Transcon Indonesia, dan PT Kamadjaja Logistics.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here