Ramadan, Konsumsi dan Distribusi Consumer Goods dan Logistik Menggeliat

0
241
KEBUTUHAN PRIMER: Konsumsi bahan makanan akan meningkat tajam selama Ramadan.(dok/kp)

Balikpapan – (suaracargo.com)

Ekonomi akan terus menggeliat ke arah yang positif selama Ramadan, terutama yang berhubungan dengan consumer goods dan logistik. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan Suharman Tabrani. Ia optimistis, Ramadan akan memberikan dampak yang baik kepada pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, kondisi itu terjadi karena banyaknya jumlah permintaan dan didukung oleh daya beli masyarakat yang cenderung meningkat saat Ramadan dibandingkan bulan lainnya. Terlebih, jika supply barang tidak dalam kondisi yang baik, maka bisa mendorong harga terus melambung.

“Berdasarkan pengalaman selama ini memang pasti Ramadan dan hari raya dapat mendorong masyarakat untuk mengonsumsi lebih banyak. Apapun kegiatan lain yang melibatkan masyarakat banyak misalnya seperti pemilu pun, biasanya akan menciptakan dampak pada ekonomi,” ujarnya di kantor BI Jalan Sudirman, Balikpapan.

Tetapi, Harman mengaku bahwa pihaknya tidak dapat memperkirakan seberapa besar dampak yang akan ditimbulkan kepada ekonomi selama Ramadan. Menurutnya, semua masih dalam hal positif pada perekonomian. Ia menuturkan, kemampuan dari sisi konsumsi masyarakat akan mendorong sektor ekonomi tidak hanya di Balikpapan, tapi juga secara nasional.

“Yang jelas akan menciptakan banyak kegiatan ekonomi. Seperti banyak permintaan dan usaha yang kurang pembeli mulai meningkat. Karena daya beli semua orang akan fokus pada momen ini,” katanya, seperti dilansir kaltim.prokal.co

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY