Renovasi Pelabuhan Dakomas Telan Anggaran Satu Koma Tiga Puluh Lima Milyar

0
260

Batam – (suaracargo.com)

Kabid Laut, Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan Farizon, mengatakan bahwa pihaknya akan merehabilitasi Pelabuhan Dakomas, Pulau Pucung RT 03/RW 02 Mei mendatang. Sebab, pelabuhan untuk tambatan kapal nelayan Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang itu sudah mengalami kerusakan parah sejak 2016 lalu.

“Rehabilitasi Pelabuhan Dakomas akan menelan biaya Rp 1,351 miliar. Sebab tak hanya pelantarnya yang kita perbaiki tapi juga akan memperpanjangnya dan membangun ruang baru,” ujar Farizon ketika dikonfirmasi, Senin (3/4).

Dikatakan Farizon, dana yang akan digunakan untuk rehabilitasi Pelabuhan Dakomas itu dibagi tiga peruntukan. Diantaranya untuk biaya perbaikan dan pembangunannya dialokasikan sebesar Rp 1.201.000.000. Kemudian biaya jasa konsultan pengawasan pengerjaannya dialokasikan sebesar Rp 60.000.000 dan biaya jasa konsultan perencanaan Design Engineering Detail (DED) dialokasikan sebesar Rp 90.000.000.

“Kami sedang gesa perencanaan DED dan konsultan pengawasnya. Setelah keduanya selesai pelaksanaan pembangunannya segera kita lakukan,” bebernya.

Ditanya rincian pembangunan yang menelan Rp 1.201.000.000 itu, Farizon menjelaskan untuk rehabilitasi dermaga akan dilakukan pembangunan ulang sepanjang 150 meter dan lebar 2,5 meter serta ketinggian dermaganya 4 x 10 meter. Kemudian juga akan dibangun ruang tunggu baru didermaga nelayan tersebut.

Rancangan pembangunan dermaga itu menggunakan kontruksi tiang pancang besi beton. Sehingga diprediksikan dermaga itu bisa menahan bobot 3 sampai 5 ton dan mampu bertahan 30 sampai 50 tahun. Sedangkan pembangunan sebelumnya dilaksanakan melalui dana swadaya nelayan setempat, sehingga kualitas konntruksinya kurang kuat dan tak tahan lama.

“Kami jamin dengan pembangunan ini dermaga itu akan kokoh dari sebelumnya. Sebab kontruksi pembangunannya sudah direncanakan dengan matang,” ungkapnya, seperti dilansir batampos.co.id.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY