Revitalisasi 11 Pelabuhan, Pelindo III Investasikan 700 Milyar

0
433
ilustrasi handling peti kemas (industri.bisnis.com)

Surabaya – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengalokasikan anggaran senilai Rp 700 miliar untuk merevitalisasi 11 pelabuhan pada tahun ini. Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, mengatakan, total investasi Pelindo III pada tahun ini mencapai Rp 5,1 triliun.

Sebanyak Rp 4,4 triliun di antara dana tersebut dialokasikan untuk program tol laut. Sedangkan sisanya, Rp 700 miliar, dialokasikan untuk revitalisasi 11 pelabuhan yang berada di bawah Pelindo III.

“Investasi Rp 700 miliar ini untuk standarisasi terminal penumpang di kawasan timur,” jelasnya saat ditemui di kantor pusat Pelindo III, beberapa waktu yang lalu.

Ia menyebutkan, pelabuhan yang akan direvitalisasi antara lain, pelabuhan di Kupang, Kumai, Sampit dan Lembar yang masing-masing berkapasitas 1.500 penumpang. Selain itu, pelabuhan Maumere dan Batulicin yang masing-masing berkapasitas 1.000 penumpang. Serta pelabuhan Waingapu, Bima, Ende, Kalabahi dan pelabuhan Ipi, masing-masing berkapasitas 750 penumpang.

posko-garut

Nantinya, terminal penumpang yang ada di 11 pelabuhan tersebut bakal dikonsep modern seperti terminal penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak. Revitalisasi mencakup keseluruhan ruangan, ruang tunggu AC, toilet, musala, ruang informasi, termasuk penambahan untuk fasilitas difabel.

“Penumpang kapal laut memang trennya turun, tapi tidak boleh diabaikan. Ini publik service, meskipun secara bisnis tidak menguntungkan tetapi memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, seperti dilansir republika.co.id.

Edi merinci, investasi untuk pelabuhan Kupang senilai Rp 30 miliar, Kalabahi Rp 10 miliar, Ipi Rp 12,5 miliar, Waingapu Rp 12,5 miliar, serta Bima dan Batulicin masing-masing Rp 20 miliar. Sisanya sekitar Rp 349 miliar diinvestasikan untuk pembangunan terminal dan dermaga di kawasan timur Indonesia.

Salah satu dermaga yang siap dibangun yakni Gili Mas di Lombok, NTB. Pembangunan dermaga ini untuk mendorong pengembangan pariwisata di Lombok. Saat ini, prosesnya masih dalam tahap pembebasan lahan. Dari kebutuhan lahan seluas 100 hektare, baru sekitar separuhnya yang sudah dibebaskan. Untuk pembangunan pelabuhan ini, Pelindo III membutuhkan investasi sekitar Rp 1 triliun sampai selesai.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here