RPX One Stop Logistics Kerjasama dengan PT Unilever Indonesia Tbk. Untuk Sediakan Paket Jasa Logistik Terpadu

0
670
Ilustrasi RPX (industri.bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Perusahaan penyedia jasa pengiriman ekspres dan logistik, RPX One Stop Logistics, menyepakati kerja sama dengan PT Unilever Indonesia Tbk. untuk menyediakan paket jasa logistik terpadu.

Rubianto Mukti Wibowo, Vice President Logistics & Sales Retail RPX Group, menjelaskan bahwa kerja sama tersebut dilakukan antara RPX dan Unilever guna memperkuat bisnis Unilever selaku perusahaan fast moving customers good (FCMG).

Dalam kerja sama ini, RPX bertugas menangani satu paket logistik untuk produk makanan ataupun nonmakanan, yang terintegrasi sistem.

banner-csm-atas

“RPX sangat bangga melayani dan bermitra dengan Unilever. Hal ini semakin memperkuat posisi RPX sekaligus menambah portofolio RPX dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di sektor bisnis fast moving constumers good berdasarkan pertumbuhan industrinya dan permintaan pasar yang kian tumbuh cepat,” ungkap Rubianto, Selasa (20/9).

Menurut data yang dilansir dari Kantor Worldpanel Indonesia, total industri FCMG di Indonesia mengalami pertumbuhan 5,9% pada kuartal II 2016, dibandingkan dengan kuartal II 2015. Pertumbuhan positif terlihat di pasar modern dan perdagangan tradisional. Pertumbuhan ini didorong oleh pasar modern, misalnya perkembangan minimarket dan supermarket.

Pada kuartal II/2016, pertumbuhan terjadi pada segmen kebutuhan pribadi dan rumah tangga. Pertumbuhan ini dilatarbelakangi jumlah penduduk Indonesia mencapai 255,5 juta jiwa. Selain itu, pertumbuhan itu juga dipengaruhi oleh total rumah tangga berkisar 65,1 juta dan 68 persen berada pada usia produktif antara 15 tahun – 64 tahun.

“Jika berbicara peluang FMCG di Indonesia, diproyeksikan masih dinilai profitabel dari sisi konsumsi. Secara garis besar, bisnisnya menarik dan menjanjikan. Masyarakat di kawasan perkotaan maupun pedesaan terus membutuhkan produk tersebut menurut tingkat dasar konsumsinya. Penangangan barang modern dan distribusi yang tepat adalah salah satu solusinya,” sambung Rubianto, seperti dilansir bisnis.com.

Dari kolaborasi bisnis dengan Unilever, RPX optimistis menargetkan pertumbuhan bisnis logistik meningkat lebih 30% hingga 2016. Sementara itu, layanan pergudangan diperkirakan akan bertumbuh pada level positif lebih dari 15% per tahun.

Adapun kerja sama jasa logistik terpadu atau Package Logistics Solution ini meliputi distribusi barang, armada pengiriman andal (trucking), sumber daya manusia, peralatan penanganan barang (material handling), penyimpanan (storage), penanganan barang jadi, pengemasan (handling packaging), persediaan barang (inventory system), standar kesehatan dan keselamatan kerja (safety requirement).

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY