Satuan Reskrim Polres Pangkalpinang Bekuk Pelaku Penggelapan Mobil Sewaan

    0
    361

    Bangka – (suaracargo.com)

    Satuan Reskrim Polres Pangkalpinang berhasil membekuk dua orang yang diduga sebagai pelaku penggelapan kendaraan mobil sewaan atau rental di Tanjung Api-api Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (17/7) subuh kemarin.

    Sebelumnya, mobil rental diperkirakan dibawa oleh para pelaku dari wilayah Pangkalpinang, Minggu (16/7) lalu.??
    Kedua pelaku yang diketahui bernama Dedi Fitriyadi (43) dan Riki Ardiansyah (32) menggunakan modus dengan berpura-pura sebagai penyewa mobil rental tersebut.

    Kejadiannya sendiri bermula saat korbannya, Saanis (60) yang merupakan warga Jalan Arwana Kelurahan Gabek I Pangkalpinang ini didatangi oleh tetangganya sendiri pada Jumat (14/7) silam.
    Saat itu, tetangganya ini berniat menyewa kendaraan jenis Toyota Innova Tahun 2010 yang kemudian dibawa kabur oleh kenalannya tersebut selama dua hari kedepan.
    Tanpa menaruh rasa curiga lalu kendaraan tersebut dibawa oleh kedua pelaku ini.

    Menjelang selesainya masa penyewaan, korban pun sempat menghubungi penyewa untuk menanyakan posisi mobilnya berada.
    “Saat itu pelaku mengakui posisinya ada di Sungailiat, namun saat diperiksa melalui GPS, ternyata sudah ada di Pelabuhan Muntok untuk menyeberang menggunakan kapal feri arah tujuan ke Palembang,” jelasnya.

    Lantaran tidak adanya konfirmasi dan itikad yang baik dari para pelaku, korban pun langsung melaporkan kejadian ini ke pihak Kepolisian resor (Polres) Pangkalpinang.
    “Kita langsung berkoordinasi dengan pihak ASDP serta Polsek setempat (Sungsang), yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Api-api, hingga akhirnya saat hendak turun dari kapal langsung dihentikan Kepolisian,” tegas Noveriko.

    Lantas Satreskrim Polres Pangkalpinang dibantu oleh pihak ASDP dan Polsek Sungsang langsung menghentikan mobil yang hendak diseberangkan oleh kedua terduga pelaku.
    Turut diamankan barang bukti mobil berwarna hitam metalik dengan nomor polisi BN 22XX AW ke Polres Pangkalpinang guna kepentingan penyidikan lebih lanjut di kepolisian.
    “Saat ini kami masih memeriksa apakah keterlibatan para pelaku ini, termasuk saksi-saksi yang berkaitan dalam kasus ini,” tambahnya.

    Perantara Tetangga Perempuan

    Dari aksi yang dilakukan pelaku hingga kini belum dapat dipastikan para terduga pelaku penggelapan ini merupakan bentuk jaringan kejahatan. Namun begitu, Kapolres Pangkalpinang, AKBP Noveriko A Siregar mengungkapkan bahwa, para pelaku ini sudah kedua kalinya melakukan sewa mobil kepada korbannya.

    Kali ini korban percaya karena perantara dari penyewa mobil merupakan seorang perempuan, Refi pada Jumat, (14/7) lalu.

    “Jadi status perempuan ini sebagai perantaranya, karena korban merasa yakin dan kenal maka pembayaran sewa mobil langsung diberikan awal sewa senilai Rp 650 ribu,” kata kapolres.

    Sejauh ini pihaknya menindaklanjuti kasus dugaan penggelapan kendaraan bermotor atau mobil Innova tersebut.

    “Kami masih mendalami, apakah mereka dalam satu rangkaian atau bagaimana, yang pasti kita periksa dulu secara mendalam,” tegas kapolres.

    Pihaknya pun berpesan sekaligus mengimbau kepada para pengusaha rental mobil untuk lebih berhati-hati dalam menerima konsumennya.
    “Pastikan dulu identitas lengkapnya, jangan sampai terbujuk sehingga mengalami kerugian lebih besar,” harapnya, seperti dilansir bangka.tribunnews.com.

    Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here