SCI: BUMN Logistik Perlu Dukungan Agar Bisa Tingkatkan Daya Saing

0
194
ilustrasi barang (shutterstock.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Chairman Supply Chain Indonesia, Setijadi menyatakan, perusahaan BUMN memang memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan daya saing produk dan komoditas nasional. Potensi BUMN itu tersedia karena perusahaan-perusahaan tersebut fasilitas yang menjangkau berbagai wilayah di Indonesia, seperti PT Bhanda Ghara Reksa (Persero). Tak hanya itu, BUMN dinilai Setijadi cukup siap melaksanakan visi peningkatan daya saing karena memiliki pergudangan, transportasi, freight forwarding, depo peti kemas, dan sebagainya.

Meskipun demikian, Setijadi menjabarkan adanya sejumlah potensi inefisiensi logistik yang disebabkan utilitas asset dan investasi, pelayanan tidak terintegrasi, dan terjadi persaingan antar perusahaan atau anak usaha BUMN tertentu. “Oleh sebab itu BUMN harus memiliki produk berdaya saing sesuai komoditas, jadi pemerintah sebaiknya menentukan terlebih dahulu komoditas yang diunggulkan,” ungkapnya, seperti dilansir bisnis.com.

Setijadi pun yakin perusahaan-perusahaan BUMN logistik tersebut tidak akan menutup peranan perusahaan logistik swasta yang mempunyai keunggulan komparatif, seperti kompetensi dan jaringan kerja (network). “Perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta hendaknya bersinergi mendorong daya saing produk dan komoditas nasional,” tuturnya.

Sebagai informasi Kementerian Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan sudah memutuskan harus ada sinergi antar perusahaan-perusahaan logistik plat merah yang menjadi konsolidator pengangkutan barang dari desa ke kota. Keputusan ini dipandang penting guna mendorong perekonomian di desa sekaligus mengurangi distorsi dalam kegiatan logistik dan niaga.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY