Sejumlah Nelayan di Pangandaran Protes Pelaksanaan Pelabuhan Bojong Salawe

0
562
Pekerjaan Pelabuhan Bojong Salawe (fokusjabar.com)

Pangandaran – (suaracargo.com)

Sejumlah nelayan Pangandaran melakukan aksi protes terhadap pelaksanaan pembangunan fasilitas Pelabuhan Bojong Salawe di Pangandaran. Mereka pun berusaha memberhentikan pekerjaan tersebut untuk sementara waktu.

Sejumlah nelayan menganggap pelabuhan tersebut belum terasa manfaatnya. Ironisnya, akibat dari pekerjaan pelabuhan ini, kerap terjadi kecelakaan laut yang dialami nelayan Pangandaran.

Menurut salah satu anggota Rukun Nelayan, Nanang (42), penghentian sementara pekerjaan ini adalah bentuk aksi solidaritas nelayan untuk memperjuangkan haknya sebagai warga negara, termasuk korban kecelakaan laut yang disebabkan oleh pekerjaan pelabuhan Bojong Salawe tersebut.

“Sebetulnya ini sudah lama. Namun kami tidak mengetahui harus mengadu pada siapa agar keluhan kami didengar. Melihat kondisi korban kecelakaan tidak bisa lagi melaut lantaran perahu rusak akibat benturan keras dengan tiang pancang kontruksi pelabuhan,” ungkapnya, Selasa (13/06/2017).

Menurut Nanang, maksud memberhentikan sementara pekerjaan tersebut, bukan berarti menghambat pembangunan pemerintah. Akan tetapi warga menuntut keadilan sejauh mana perhatian perusahaan dan pemerintah pada nelayan yang dihantui rasa takut akan kecelakaan akibat pekerjaan itu.

Dia menambahkan, sejauh ini sudah ada lima kecelakaan laut yang berakibat rusaknya perahu disebabkan oleh pekerjaan yang dilaksanakan oleh PT Bintang Fajar Timur Raya.

“Keinginan kami, korban mendapat ganti rugi dari perusahaan, karena hingga saat ini korban belum lagi bisa melaut lantaran perahunya rusak. Sedangkan nelayan hanya bermodal pas-pasan,” tambahnya, seperti dilansir fokusjabar.com.

Nanang menjelaskan, kasus ini akan diadukan kepada DPRD Kabupaten Pangandaran, dengan menggelar audiensi yang akan dilakukan besok, Rabu (14/06/2017).

“Tentunya kami ingin mencari solusi bersama. Jangan sampai ada salah satu pihak yang dirugikan. Baik pelaksanaan pekerjaan atau pun kami sebagai nelayan yang menggantungkan hidup dari hasil laut,” pungkasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here