Selama Tahun 2015, KeMenhub Sudah Bangun dan Kembangkan 329 Pelabuhan Komersial

0
306
ilustrasi pengiriman barang (bisnis.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengaku pihaknya telah membangun sarana dan prasarana transportasi di semua sektor transportasi sepanjang 2015. Untuk sektor perhubungan laut, Jonan mengakui pihaknya telah mengembangkan dan merenovasi 329 pelabuhan non komersial. Hal ini disampaikan Jonan di depan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

“Di laut ini kami melakukan pengembangan 329 pelabuhan non komersial. Perhubungan Laut, kita punya 1.241 pelabuhan umum,” ujar Jonan, seperti dilansir detik.com. Dari 1.241 pelabuhan laut itu, sebanyak 112 pelabuhan dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sisanya dikelola oleh Kemenhub.

Pengembangan pelabuhan non komersial tersebut telah dilakukan sejak tahun 2015. Kemenhub menargetkan pihaknya bisa melakukan pengembangan 1.000 pelabuhan hingga 2019. “Target dalam lima tahun bisa 1.000 pelabuhan,” sebutnya.

Masih di sektor perhubungan laut, Kemenhub tahun lalu telah membuka 3 trayek atau rute angkutan kapal barang berjadwal untuk mendukung program Tol Laut. “Tahun ini akan jadi 6 rute. Harapannya harga-harga barang di luar Jawa bisa berkurang disparitasnya,” jelasnya.

Untuk sektor perhubungan darat, Kemenhub melakukan renovasi terminal bus tipe A hingga pengadaan armada bus baru. Tahun 2015, Kemenhub telah membeli 1.050 unit bus untuk program angkutan bus perintis. “Kami juga melakukan perbaikan terhadap 16 terminal tipe A. Terminal tipe A ini akan dikembalikan ke pemerintah pusat akhir tahun ini sesuai undang-undang,” jelasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here