Setelah Lama Dinantikan, Kapal Pelni KM Doro Londa Sandar di Pelabuhan Amurang

0
444
Kapal Doloronda (tribunmanado.co.id)
Kapal Doloronda (tribunmanado.co.id)

Amurang – (suaracargo.com)

Penantian panjang warga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) agar ada kapal laut penumpang yang menyambangi daerahnya kini telah berakhir. Pasalnya, KM Doro Londa yang banyak melintasi sejumlah daerah di Indonesia akhirnya bisa berlabuh di Pelabuhan Amurang. Hal ini tercapai setelah Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE dengan pemerintah pusat, melalui Pelni melakukan tiga kali pertemuan untuk melakukan kesepakatan.

KM Doro Londa berlabuh di Pelabuhan Amurang, Minahasa Selatan dalam rangka uji coba kapal dengan berkapasitas 2000 ft berlabuh Amurang. Meski begitu, masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki, diantaranya panjang pelabuhan yang idealnya melebihi panjang kapal.
Selain itu, perlu ada ruang khusus untuk aktifitas bongkar muat di pelabuhan ini. Seperti diketahui, Kabupaten Minahasa Selatan terkenal dengan Holtikultura sehingga perlu adanya area dermaga khusus untuk bongkar muat komoditas ini.

Bupati Minsel menyampaikan rasa terimah kasih atas kepercayaan pemerintah pusat, khususunya pihak Pelni yang bisa memberikan kepercayaan di Minsel, sehingga KM Doro Londa bisa berlabuh di Minsel. “Ini berkat dukungan segenap masyarakat, sehingga atas dukungan menjadi penyemangat tersendiri untuk pemerintah lebih berkarya lagu membangun Minahasa Selatan yang kita cintai,” katanya, seperti dilansir tribunmanado.co.id.

Ratusan masyarakat Minsel juga berkesempatan naik ke atas kapal KM Doro Londa. Masyarakat terkagum-kagum dengan kapasitas kapal yang bisa mengngkut 2000 penumpang. “Sekarang Torang bisa ke Balikpapan, Papua, Surabaya dan daerah lainnya di Indonesia melalui Pelabuhan Amurang. Terima kasih kepada Bupati Minsel yang sudah memfasilitasi ini,” kata Aneke warga Kelurahan Ranoyapo, Kecamatan Amurang.

Hadir Kapolres Minsel AKBP Benny Bawensel SIK MH Sekda Minsel Drs Danny Rindengan. Kemudian Kepala Cabang Pelni Bitung Kamaruzzman dan Kepala Dishub Minsel Izak Rey bersama pihak Pelni.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here